7 Macam Kreasi Bekal Kantor yang Praktis dan Penuh Nutrisi

Kebanyakan orang malas membawa bekal karena dianggap ribet dan tidak ada waktu untuk membuatnya. Padahal, ada banyak sekali lho kreasi bekal untuk ke kantor yang mudah dan praktis untuk dibuat.

1. Onigiri



Onigiri memang paling pas untuk dijadikan bekal, baik untuk ke kantor maupun buat si kecil ke sekolah. Membuatnya praktis, rasanya enak, dan isinya bisa dikreasikan sesuai kebutuhan nutrisi anda.

Untuk membuatnya, bumbui nasi pulen dengan sedikit garam. Ambil sekitar 2 sdm nasi tersebut, pipihkan, dan isi dengan lauk pilihan anda—umumnya berisi tuna mayo atau tumis ayam suwir. Kemudian, kepal-kepalkan nasi hingga padat, bentuk menjadi segitiga, dan letakkan 1 lembar nori kecil di bagian bawahnya. Mudah, kan?

2. Pizza Roti Tawar


Anda bisa lho membawa pizza sebagai bekal setiap hari tanpa mahal. Caranya, buat pizza anda sendiri dari roti tawar. Tumis bawang bombay dan sosis hingga matang sebagai topping. Tambahkan potongan paprika atau pipilan jagung sesuai selera agar lebih kaya gizi. Kemudian, oleskan roti tawar dengan margarin, saus tomat, dan saus sambal. Tuangkan tumisan sosis ke atas roti tawar, taburkan dengan keju quick melt, lalu panggang di atas teflon hingga matang. Jangan lupa ditutup ya teflonnya supaya pizza matang dengan cepat dan merata.

3. Homemade Cup Noodles


Makan siang dengan cup noodles kemasan memang praktis dan hemat. Tapi, kalau terlalu sering, tidak baik untuk kesehatan. Untuk mengakalinya, anda bisa membawa homemade cup noodles sebagai bekal makan siang.

Cara membuatnya, masukkan mie yang sudah direbus dan berbagai isian favorit anda, seperti ayam rebus dan sawi hijau rebus, ke dalam toples kaca tahan panas. Sebelum dimasukkan, pastikan isian tersebut sudah dalam keadaan dingin, ya. Untuk bumbunya, anda bisa menggunakan kaldu ayam non-msg yang dicampur dengan garam dan merica, lalu masukkan ke dalam plastik kecil. Nah, kalau mau menyantapnya, anda hanya tinggal menuangkan bumbu dan air panas saja deh ke dalam toples. Jauh lebih sehat dan higienis daripada cup noodles kemasan.

4. Kimbap


Kimbap merupakan nasi gulung ala Korea. Sekilas bentuknya mirip sekali dengan sushi, karena sama-sama digulung dengan nori. Tapi, isian dari kimbap lebih bervariasi dan bercitarasa. Jadi, cocok sekali untuk dibawa bekal.

Cara membuat kimbap hampir mirip dengan sushi. Hanya saja, nasi untuk kimbap lebih baik dibumbui dulu dengan garam dan minyak wijen. Untuk isiannya, anda bisa menggunakan telur dadar, sosis goreng, dan timun yang dipotong memanjang. Letakkan berurutan mulai dari nori, nasi, dan isian, kemudian gulung deh hingga padat.

Oh iya, supaya tidak lengket saat dipotong, celupkan mata pisau ke dalam semangkuk air terlebih dahulu, ya.

5. Roti Tawar Isi Ragout

Tidak hanya enak untuk sarapan, roti tawar juga mudah dikreasikan untuk bekal anda ke kantor. Salah satunya adalah roti tawar isi ragout ini. Ragout sendiri merupakan saus kental yang terbuat dari margarin, tepung, dan susu. Anda bisa mencampur ragout ini dengan berbagai sayuran dan daging giling, kemudian isikan ke dalam roti tawar dan goreng hingga matang kecokelatan. Praktis sekali deh pokoknya.

6. Makaroni Tumis


Kata siapa bikin olahan pasta itu ribet? Makaroni tumis ini sangat mudah dibuat, lho. Saking mudahnya, anda bisa membuatnya sekejap sebelum berangkat ke kantor.

Pertama, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum, kemudian masukkan wortel dan masak hingga matang. Masukkan makaroni yang sudah direbus dan potongan ayam ke dalam tumisan, tambahkan garam, merica, saus tomat, dan air, lalu masak hingga air meresap.

7. Egg Roll dan French Fries




Kalau anda ingin bekal yang ringan-ringan saja, egg roll dan french fries ini bisa jadi pilihan. Egg roll sendiri sebenarnya adalah jenis telur dadar, tapi telur dimasak bertahap dan digulung berkali-kali ala Korea dan Jepang supaya tebal. Egg roll ini bisa anda tambahkan berbagai isian, seperti wortel, buncis, dan tomat. Kemudian, hidangkan dengan tambahan french fries yang renyah untuk asupan karbohidrat pada bekal anda.

Sumber:https://resepkoki.id/7-bekal-kantor-praktis-dan-penuh-nutrisi/

Belum ada Komentar untuk "7 Macam Kreasi Bekal Kantor yang Praktis dan Penuh Nutrisi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel