6 Macam Aneka Kuah untuk Es Timun Suri yang Segar



Selain kelapa muda dan blewah, selama bulan Ramadhan di rumah saya pasti selalu sedia timun suri. Biasanya, timun suri ini dibuat jadi minuman dingin yang sangat menyegarkan untuk takjil. Dan supaya tidak bosan, ibu saya kerap mengganti-ganti kuah dari es timun suri ini setiap harinya. Tidak perlu yang mahal, aneka bahan untuk kuahnya berikut bisa didapatkan dengan mudah dan murah.

1. Sirop


Kalau ingin membuat es timun suri, yang terpikirkan pertama kali untuk jadi kuahnya pasti adalah sirop. Apalagi saat bulan Ramadhan, sirop banyak dijual di mana-mana. Jadi, menambahkan sirop untuk kuah es timun suri jelas tidak akan terlewatkan.

Sirop yang paling sering digunakan sebagai kuah es timun suri adalah sirop rasa cocopandan. Tapi, saya punya rekomendasi nih untuk anda. Coba deh bikin es timun suri dengan kuah sirop rasa melon dan pisang susu. Aroma dan rasanya yang unik akan membuat es timun suri buatan anda makin segar.

2. Air kelapa dan air jeruk


Takjil di bulan Ramadhan tidak lengkap rasanya kalau tidak pakai kelapa muda. Baik air maupun daging kelapa, sama-sama dapat membuat takjil anda terasa lebih istimewa. Nah, anda bisa lho memanfaatkan air kelapa ini sebagai kuah dari es timun suri. Rasa kelapa yang segar ternyata juga sangat cocok bercampur dengan daging timun suri yang renyah. Tambahkan juga air perasan jeruk manis untuk menambah kesegaran es timun suri anda.

3. Gula aren cair


Ingin menikmati es timun suri dengan citarasa yang tradisional? Gunakan saja gula aren sebagai kuah es timun suri anda. Cara membuat kuah gula aren ini sangat mudah. Anda hanya perlu merebus air dan gula aren hingga mendidih. Jangan lupa untuk mengaduk-aduknya terus ya supaya gula larut seluruhnya dan tidak ada yang bergerindil. Anda juga bisa menambahkan daun pandan untuk memberikan aroma yang nikmat.

4. Susu kental manis putih



Sepertinya hampir semua minuman jadi terasa enak kalau ditambahkan susu kental manis. Tidak terkecuali es timun suri. Untuk membuatnya, anda hanya perlu menyerut timun suri dan menghancurkan es batu jadi kepingan kecil, lalu siram dengan susu kental manis putih favorit. Tidak perlu ditambah air ataupun gula, karena sudah manis dan es batu nantinya akan mencair. Praktis, kan?

5. Soda


Setelah puasa seharian, ditambah cuaca yang panas, minuman yang segar memang selalu jadi penyelamat. Untuk membuat es timun suri anda menjadi lebih segar, coba pakai air soda deh sebagai kuahnya. Anda bisa pilih memakai soda tawar ditambah sirop atau soda manis rasa jeruk nipis. Duh, segarnya tiada lawan!

6. Santan


Sebagian besar makanan dan minuman Indonesia tidak bisa lepas dari santan. Rasa santan yang gurih memang dapat membuat sajian jadi lebih nikmat. Santan ini juga bisa lho anda jadikan kuah es timun suri. Gunakan santan yang cair, kemudian tambahkan gula cair atau sirop rasa cocopandan untuk memberikan rasa manis. Dijamin laku keras deh es timun suri yang satu ini.


Sumber:https://resepkoki.id/6-aneka-kuah-untuk-es-timun-suri-segar/

Belum ada Komentar untuk "6 Macam Aneka Kuah untuk Es Timun Suri yang Segar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel