7 Bentuk & Jenis Kentang Goreng Enak Wajib di coba


Meski hanya dinikmati dengan saus sambal botolan, rasanya sudah istimewa. Jika sering menyantap kentang goreng ala restoran cepat saji, mungkin anda mengira bentuknya hanya terbatas itu-itu saja. Tapi tahukah anda jika ternyata ada banyak bentuk atau rupa-rupa dari kentang goreng. Apa saja? Simak info selengkapnya berikut ini.

1. Stick


Kentang goreng ini merupakan jenis yang paling mudah ditemukan sekaligus paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Sesuai namanya, kentang goreng stick berbentuk stik panjang, atau lebih kita kenal dengan nama french fries. Teksturnya renyah dan garing di luar namun lembut di bagian dalamnya. Bukan hanya lezat dikudap, kentang goreng ini juga biasa dijadikan sebagai pengganti nasi di berbagai restoran.

2. Wedges


Di Indonesia, kentang goreng jenis wedges ini lebih sering disebut sebagai kentang goreng iris. Kentang diiris membujur menjadi 6-8 bagian, sehingga potongannya cukup tebal dibanding kentang goreng stick. Teksturnya kering di luar namun lembut di dalam. Biasanya, kentang goreng wedges ini akan direbus atau dikukus terlebih dulu, untuk kemudian dibumbui dan digoreng. Kentang jenis ini juga bisa dipanggang langsung dalam oven setelah dilumuri bumbu.

3. Crinkled cut


Sebenarnya, kentang goreng jenis ini bentuknya hampir sama dengan kentang goreng stick. Hal yang membedakan yaitu potongannya sedikit lebih tebal dan bagian pinggirannya yang bergelombang sehingga tampilannya lebih cantik. Kunci untuk mendapatkan bentuk ini yaitu menggunakan pisau bergelombang saat memotong kentang.

4. Spiral


Sesuai namanya, bentuk kentang goreng ini yaitu spiral. Bagian luar dari kentang goreng ini akan tetap garing dan lembut di bagian dalamnya. Kentang goreng ini terlihat unik, menarik, dan menggugah selera. Anda bisa menggunakan spiralizer atau alat pemotong khusus untuk menghasilkan bentuk spiral seperti mie.

5. Waffle



Kentang goreng yang satu ini benar-benar terlihat seperti waffle, namun dengan ukuran yang lebih kecil atau mini. Sayang sekali, anda tidak bisa membuat sendiri kentang goreng bentuk ini di rumah. Tapi tenang saja, anda bisa dengan mudah membelinya di supermarket pada frozen section.

6. Chips


Chips merupakan variasi kentang yang diiris tipis bulat, lalu digoreng hingga garing dan renyah. Tak hanya dinikmati sebagai cemilan, potato chips juga lezat lho disajikan sebagai alternatif makanan pokok bersama aneka saus cocolan.

7. Hash brown


Hash brown terbuat dari kentang serut yang dipadatkan jadi bentuk bulat atau segi empat, kemudian digoreng dengan sedikit minyak hingga garing kecoklatan dan renyah di bagian luarnya. Pada sarapan ala barat, hash brown biasa disajikan bersama scrambled egg atau telur goreng mata sapi dengan bagian kuning telur setengah matang yang melumer sempurna. Hmm, enak!

Sumber:https://resepkoki.id/7-bentuk-jenis-kentang-goreng-enak-yang-harus-dicoba/

Belum ada Komentar untuk "7 Bentuk & Jenis Kentang Goreng Enak Wajib di coba"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel