7 Macam Resep Aci Enak dan Murah Ala Bandung


berikut berbagai macam kreasi aci ala Bandung yang bisa anda coba buat di rumah: 

1. Cilok



Bentuknya bulat mirip bakso. Apabila bakso dibuat dari daging, cilok dibuat dari campuran tepung aci dan tepung terigu. Campurkan tepung terigu dengan garam, gula pasir, dan merica lalu aduk rata dengan air panas. Masukkan tepung kanji, irisan daun bawang, lalu aduk hingga kalis. Didihkan air yang diberi garam dan sedikit minyak. Masukkan cilok yang sudah dibentuk bulat dan rebus hingga mengapung. Anda juga bisa menambahkan isian pada cilok, seperti daging atau keju. Sajikan dengan bumbu kacang dan kecap.

2. Cimol

Bentuknya bulat seperti cilok. Bedanya, cimol ini digoreng hingga bagian tengahnya kopong atau kosong. Apabila ingin membuatnya sendiri, caranya gampang banget. Campurkan tepung terigu dan tepung aci dengan air panas. Lalu bumbui dengan bawang putih halus, garam dan merica. Aduk hingga kalis dan bentuk bulat kecil. Goreng cimol hingga matang lalu siram dengan saus atau bumbu taburan kesukaan anda.

3. Cireng



Kudapan yang ini memang cocok sebagai teman ngeteh anda. Selain cireng polos atau cireng salju, cireng kini juga bisa dibuat dengan berbagai isian, seperti keju. Campurkan tepung aci, merica bubuk, gula pasir, garam, dan bawang putih yang sudah dihaluskan. Aduk rata dan tuang air panas secara bertahap lalu uleni hingga kalis. Ambil adonan dan isi dengan keju lalu bentuk pipih dan goreng di dalam minyak panas hingga matang. Cireng paling lezat disajikan hangat dengan saus pedas favorit anda atau cabai rawit. 

4. Cibay

Cibay atau aci ngabarabay adalah camilan asal Tasikmalaya. Berbeda dengan olahan aci lainnya, cibay menggunakan kulit lumpia untuk membungkus adonan aci beserta isian lainnya. Isiannya pun macam-macam, mulai dari daging ayam, jagung, hingga sosis. Cara membuat cibay yaitu campurkan tepung aci, air, bawang putih halus, irisan daun bawang, garam atau kaldu bubuk, dan tumisan isian.

Masak campuran tadi di atas api kecil hingga menjadi seperti lem. Ambil adonan cibay dan taruh di atas kulit lumpia, lalu lipat dengan bentuk sesuai selera. Rekatkan kulit lumpia menggunakan campuran air dan tepung terigu agar tidak lepas saat digoreng. Goreng sampai kecoklatan dan sajikan selagi hangat.

5. Cilung

Cilung atau aci digulung merupakan perpaduan antara telur dadar dan adonan aci, yang kemudian digulung dengan tusukan sate. Selain di wilayah Jawa Barat, cilung kini juga banyak dijual di Jakarta. Cara membuatnya yaitu dengan melarutkan tepung aci ke dalam air lalu sisihkan. Kocok telur yang sudah dibumbui garam dan merica bubuk dan sisihkan.

Tuang larutan aci diikuti kocokan telur dalam wajan berisi minyak panas, lalu masak hingga menyatu dengan api sedang. Gulung adonan dengan tusuk sate secara cepat agar bentuknya rapih. Sajikan cilung dengan saus sambal atau saus lain sesuai selera.

6. Cilor

Makanan yang satu ini biasanya disukai anak-anak. Aci (matang) dipotong kecil-kecil kemudian digoreng dalam wajan cetakan, lalu ditambahkan kocokan telur dan dimasak hingga matang. Agar lebih nikmat, cilor biasanya ditaburi bubuk penambah rasa, seperti keju dan barbekyu. Selain aci, cilor juga biasa dicampur dengan makaroni yang sudah direbus sebelumnya.

7. Cipuk


Cipuk atau aci kerupuk terbuat dari adonan tepung aci yang dicampur dengan kerupuk aci/warna-warni/jingga (yang sudah diseduh air panas), lalu dikukus hingga padat. Cipuk kemudian diiris-iris memanjang/kotak dan digoreng hingga kecoklatan.

Sumber:https://resepkoki.id/7-kreasi-aci-enak-dan-murah-ala-bandung/

Belum ada Komentar untuk "7 Macam Resep Aci Enak dan Murah Ala Bandung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel