Apa Bedanya Chia Seed Dengan Biji Selasih


Maklum saja, biji chia yang dijual di Indonesia merupakan produk impor. Apalagi, biji chia organik yang harganya bisa mencapai ratusan ribu rupiah! Lalu, apa sih bedanya chia seed dan biji selasih?

1.Berasal Dari Tanaman Berbeda

Meski sama-sama termasuk dalam jenis biji-bijian, biji chia dan biji selasih berasal dari tanaman yang berbeda. Biji chia berasal dari jenis tanaman mint bernama Salvia hispanica yang banyak tumbuh di Meksiko dan Amerika Selatan. Biji yang berbentuk oval ini memiliki warna bervariasi, yakni hitam, abu, coklat, dan putih.

Tanaman selasih memiliki nama ilmiah Ocimum basilicum yang banyak tumbuh di India dan sekitar Mediterania. Sekilas, tanaman selasih ini mirip dengan tanaman kemangi. Dari bagian bunganya, biji selasih yang berwarna coklat tua kehitaman ini bisa didapatkan. Biji selasih memiliki ukuran jauh lebih kecil dibanding biji chia dan berbentuk seperti biji beras.

2. Memiliki Kandungan Berbeda

Biji chia terkenal sebagai superfood  yang kaya akan zat gizi seperti protein, omega 3, dan serat. Kandungan inilah yang membuat biji chia baik untuk kesehatan percernaan dan kesehatan jantung.

Bila direndam dalam air atau susu, biji chia akan mengembang berkali-kali lipat sehingga bisa memberikan efek kenyang. Inilah yang membuatnya cocok dikonsumsi orang yang sedang diet. Biji chia yang bersifat gluten-free ini juga sudah familiar digunakan sebagai pengganti telur dalam kue, sehingga cocok bagi para vegan atau vegetarian.

Biji selasih punya kandungan zat besi yang baik untuk kualitas darah sekaligus mencegah anemia. Selain itu, ia juga baik untuk kesehatan pencernaan.



Blender PHILIPS 2115 sangat sempurna untuk membantu Anda mengolah bahan – bahan makanan. Berkapasitas hingga 2 liter, dilengkapi dengan 4 mata pisau ultra-sharp yang tajam, panjang, dan anti karat. Mampu memotong dan memblender buah, sayur, bumbu, hingga daging dengan sempurna dan merata. Lima tombol multiple speed membantu dalam memblender dalam berbagai kecepatan sesuai dengan bahan yang perlu dihaluskan. Dilengkapi dengan safety lock (kunci pengaman) dan tahan pecah, dijamin aman saat memblender.

3. Kegunaan dalam Masakan

Biji chia dan selasih adalah dua jenis biji-bijian yang punya perbedaan mendasar dalam mengonsumsi atau mengolahnya. Biji chia bisa langsung dimakan ‘mentah’ dengan dicampurkan dalam makanan, seperti smoothie bowl dan salad. Ia juga tak kalah lezat bila dimakan setelah direndam dalam air/susu hingga mengembang, seperti chia pudding.

Apabila biji chia bisa langsung dimakan, biji selasih harus direndam dalam air terlebih dahulu hingga mengembang. Biji selasih ini lebih sering digunakan sebagai campuran makanan atau minuman yang rasanya manis, seperti puding dan es buah.

Jadi sudah jelas ya bahwa chia seed dan biji selasih memang berbeda. Baik itu dari bentuk maupun cara mengolahnya. Meskipun biji selasih lebih mudah didapatkan di mana saja, tapi tak ada salahnya untuk mencoba biji chia yang kaya gizi dan manfaat.


Sumber:https://resepkoki.id/apa-bedanya-chia-seed-vs-biji-selasih/

Belum ada Komentar untuk "Apa Bedanya Chia Seed Dengan Biji Selasih"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel