CEGAH BAKTERI BERSARANG DI GALON AIR, LAKUKAN 6 LANGKAH MUDAH INI!


Di era sekarang ini, hampir setiap rumah tangga memiliki dispenser air untuk memenuhi kebutuhan air keluarga. Tidak seperti dahulu yang harus repot-repot memasak air terlebih dahulu sebelum diminum, sekarang kita bisa menikmati air murni yang berasal dari sumber mata air pegunungan. Sepaket dengan dispenser air, pasti ada galon air. Penggunaannya pun bervariasi, biasanya satu galon air bisa diganti setiap 2 hingga 7 hari, tergantung banyaknya jumlah keluarga. Nah oleh karena itu, kebersihan galon air wajib untuk dijaga. Seringkali kita berfokus membersihkan dispenser tanpa membersihkan galon airnya. Padahal, Galon air dapat menjadi sarang berkembangnya bakteri yang seringkali disepelekan kebersihannya. Terkadang kita juga mendapatkan tissue basah anti bacterial yang biasa kita usapkan kebagian kepala galon sebelum menuangnya ke dalam dispenser, namun itu saja tidak cukup, karena kita tidak membersihkan bagian dalam galon, apalagi jika kita menggunakan galon air yang diisi ulang.  Nah, dengan cara sederhana berikut ini, kamu bisa membersihkan bagian dalam galon air dengan mudah dan simpel. 

Alat yang diperlukan:

• Sabun cuci piring 
• Cairan bleaching (bisa dibeli di toko bahan kimia) 
• Sarung tangan karet 
• Sikat khusus pembersih botol (pilih yang tangkainya panjang)
  
Cara Membersihkan:

1. Isi galon air hingga 1/4 bagian dengan air hangat dan tuangkan 1 sendok teh sabun cuci piring. 
2. Tutup galon air dan kocok sekuat tenaga. 
3. Buka tutup galonnya dan gosok bagian dalam galon menggunakan sikat khusus pembersih botol hingga setiap sudutnya. 
4. Buang air sabun, bilas galon air menggunakan air hangat hingga tak ada lagi sisa sabun di dalamnya. 
5. Isi galon air hingga penuh dengan air dingin dan tuang setengah cangkir cairan bleaching. Tutup galon, kocok hingga rata. 
6. Diamkan sekitar 1 menit, lalu buang air bercampur cairan bleaching dan bilas galon dengan air bersih. 
7. Galon air siap untuk diisi ulang kembali dan digunakan.
  

Dengan cara di atas, galon air kamu akan lebih awet dan terjaga kebersihannya, tentu saja bakteri dan kuman didalam galon air pun akan hilang bila kamu rajin membersihkannya. Yuk lakukan cuci galon ini setiap 1 bulan sekali.

Sumber:https://www.kreasisasa.com/cookingnary/tips-lainnya/cegah-bakteri-bersarang-di-galon-air-lakukan-6-langkah-mudah-ini

Belum ada Komentar untuk "CEGAH BAKTERI BERSARANG DI GALON AIR, LAKUKAN 6 LANGKAH MUDAH INI!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel