Mari Mengenal Bir Pletok Dari Betawi


Alkisah, bangs bangsawan Belanda senang kumpul santai setelah pulang kerja. Di tengah ngobrol santai itu, mereka biasanya minum bir untuk melepaskan penat dan lelah. Nah, orang-orang Betawi itu nggak mau kalah dengan gaya hidup sang tuan tanah. Karena tak bisa menikmati bir-orangutan Belanda, akhirnya mereka membuat racikan sendiri. Racikan ini berasal dari berbagai ragam di sekitar mereka, salah satunya adalah kayu secang yang menyebabkan warnanya jadi merah.

Awalnya bir ini disajikan hangat. Namun, seiring berjalannya waktu, minuman kaya rempah ini dijual dalam wadah bambu dan diberi es batu. Nah, kata "pletok" ini berasal dari suara es batu yang bertemu wedang panas.

Rasa bir pletok itu khas sekali: perpaduan rempah yang wangi, pedas, dan manis plus rasa-rasa khas dari beberapa rempah lain. Bir ini biasanya dijajakan di restoran ala Betawi, pedagang kaki lima di tempat tertentu, dan juga terhidang di acara perkawinan atau khitanan.

Bahan-bahan pembuatan bir pletok

Bir pletok ini kaya rempah. Pada awalnya, bir pletok dibuat dengan rempah sederhana seperti jahe, daun pandan wangi, lada, dan kayu secang. Namun sekarang rempahnya sudah di- upgrade ! Agar rasanya semakin mantap, bir pletok juga menggunakan, pala, kapulaga, cengkeh, serai, kayu manis, dan daun jeruk purut. Warna merah dari bir pletok berasal dari kayu secang. Jika dimasukkan dalam udara rebusan, kayu secang akan mengeluarkan zat warna merah yang cantik.

Cara pembuatan bir pletok


Langkah pembuatan bir pletok ini sangat sederhana. Pertama, geprek semua campuran yang liat / keras seperti jahe dan serai agar aromanya lebih keluar. Lalu, masukkan semua bahan-bahan bersama air dalam panci dan panaskan dengan api sedang. Aduk bahan tersebut hingga mendidih dan berubah warna menjadi merah. Siapkan sebuah gelas lalu saring hasil rebusan dan sisakan airnya saja. Langsung sajikan selagi hangat, atau dinginkan dan tambahkan es batu jika ingin menikmatinya dingin.

Sumber:https://resepkoki.id/mengenal-bir-pletok-dari-betawi/

Belum ada Komentar untuk "Mari Mengenal Bir Pletok Dari Betawi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel