Mengenal Alat Bantu Masak Portable Torch Dan Cara Pemakaian Beserta Kegunaan di Dapur


Seiring perkembangan teknologi, peralatan masak pun juga semakin beragam. Peralatan tersebut membuat pekerjaan memasak menjadi lebih praktis. Salah satu contohnya adalah portable torch. Alat ini seringkali digunakan untuk melelehkan keju dan mencoklatkan (karamelisasi) gula di permukaan makanan agar lebih lezat dan menarik. Jika mengandalkan proses pemasakan dengan api kompor atau oven saja, detil efek di permukaan makanan yang kita inginkan seringkali terlewat. Atau malah cenderung membuat bahan utama di bawahnya jadi overcooked. Di sinilah fungsi portable torch jadi penting.

1. Mengenal Portable Torch

Portable torch adalah alat penyembur api yang biasa digunakan pada makanan. Sekilas, ia terlihat seperti alat las yang sering dipakai para pekerja di bengkel besi. Layaknya alat las, portable torch akan menyemburkan api yang dapat memanggang makanan secara instan. Besar api dan kuat-lemahnya penyemburan juga bisa disesuaikan keinginan pemakainya. Alat ini sangat praktis, bisa dipindahkan atau dibawa kemana saja tanpa takut bahaya.

2. Cara Pemakaian

Cara penggunaan portable torch sangatlah sederhana. Portable torch memerlukan tabung gas agar dapat berfungsi. Namun, tabung gas yang digunakan bukanlah tabung gas yang biasa digunakan di dapur. Anda cukup menggunakan tabung gas berukuran mini. Untuk menggunakannya, pastikan tabung gas sudah terpasang dengan benar agar tidak bocor.

Kemudian, anda perlu memutar tuas secara perlahan hingga terdengar suara gas. Lalu, nyalakanlah korek api atau alat pematik api lainnya untuk memicu portable torch. Setelah menyala, sesuaikanlah besar api dengan kebutuhan anda. Jika sudah selesai, putarlah kembali tuas ke kondisi awal. Jangan lupa untuk melepas tabung gas dari portable torch.

3. Kegunaan di Dapur

Salah satu kegunaan portable torch ialah untuk melelehkan makanan. Anda tidak perlu repot-repot melelehkan keju dengan microwave. Cukup dalam beberapa detik, portable torch akan membuat keju di permukaan makanan seperti baked rice, lasagna, dan pasta jadi meleleh.

Permukaan makanan yang mengandung gula pun juga bisa dibuat warnanya jadi kecoklatan (akibat proses karamelisasi) dengan portable torch ini. Misalnya pada creme brulee dan meringue pada topping kue baked alaska.

Portable torch juga cocok untuk anda yang mengutamakan estetika pada makanan. Anda cukup memanaskan permukaan sajian berbahan dasar daging atau ikan (setelah matang dimasak), sehingga permukaannya jadi kecoklatan dan renyah. Tampilan makanan yang menarik tentu akan menggugah selera, kan?


Kemudahan dan keefektifan portable torch membuatnya jadi alat wajib di dunia kulinari. Di restoran high end, penggunaan portable torch sengaja diperlihatkan agar membuat pengunjungnya tertarik.

Sumber:https://resepkoki.id/mengenal-alat-bantu-masak-portable-torch-cara-pemakaian-dan-kegunaan-di-dapur/

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Alat Bantu Masak Portable Torch Dan Cara Pemakaian Beserta Kegunaan di Dapur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel