3 Alasan Perlunya Panaskan Oven Sebelum Memanggang


Ketika menambahkan waktu panggang, tekstur kue kering juga kurang bagus dan ada sedikit bagian gosong di dasarnya. Apapun jenis kuenya, memanaskan oven memang tak boleh dilewatkan. Alasannya? Cek di bawah ini!

1. Agar bahan pengembang tidak cepat mati atau tetap aktif

Meskipun sama-sama digunakan untuk mengembangkan adonan, setiap bahan pengembang punya karakter tersendiri. Baking powder yang seringkali tertukar dengan baking soda pun punya sifat yang berbeda, apalagi jika keduanya dibandingkan dengan ragi. Sebagian besar bahan pengembang aktif saat proses pembuatan adonan dan mati saat proses panggang. Nah, ada satu sifat lagi yang umum dimiliki kue berbahan pengembang, yakni harus segera dimasukkan ke dalam oven panas setelah adonannya jadi. Sebab, bahan pengembang ini bisa cepat mati jika terlalu lama di suhu ruang. Bahan pengembang yang mati di suhu ruang akan mengendap dalam adonan. Tak mau kan kue yang harusnya mengembang sempurna malah jadi bantat?

2. Adonan tak perlu melalui pergantian suhu yang drastis

Adonan kue itu sensitif, lho. Saat dimasukkan dalam oven yang belum panas, kue tidak akan matang sempurna. Karena pada dasarnya, adonan dibuat dalam suhu ruang. Ketika dimasukkan dalam oven yang belum dipanaskan, adonan memang tak bermasalah. Namun saat suhu dinaikkan sangat tinggi, adonan kue akan sulit menyesuaikan sehingga tak akan terpanggang dengan baik. Apalagi jika oven sering dibuka-tutup, kue justru akan mengempis.

3. Hasil panggangan kue sempurna dan lebih hemat tenaga


Yup, peraturan memanaskan oven berlaku untuk kue dan roti jenis apapun ya, termasuk jenis kue yang tak perlu mengembang. Soalnya, proses pemasakan itu baru terjadi saat si adonan masuk dalam oven. Nah, proses pemasakan atau pemanggangan hingga mencapai tekstur sempurna ini tidak sebentar, lho. Bayangkan jika anda memanggang kue kering dengan oven dingin. Kue kering memang tetap matang nantinya dan kalaupun belum matang, ya tinggal dipanggang lagi. Namun, apakah teksturnya tetap sama jika si oven dipanaskan terlebih dahulu? Belum tentu. Lalu, apakah biaya listrik dan waktu menunggu tidak bertambah? Pastinya bertambah dua kali lipat, ya.

Sumber:https://resepkoki.id/3-alasan-perlunya-panaskan-oven-sebelum-memanggang/

Belum ada Komentar untuk "3 Alasan Perlunya Panaskan Oven Sebelum Memanggang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel