4 Cara Buat Adonan Kulit Martabak yang Elastis dan Tipis Garing


1. Gunakan terigu protein tinggi

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk kulit martabak adalah terigu, minyak goreng, air, dan garam secukupnya. Untuk terigu, gunakanlah terigu protein tinggi yang daya serap cairannya tinggi sehingga lebih mudah terbentuk jadi adonan. Jika tak ada, anda bisa pakai terigu serbaguna tetapi kurangi takaran air yang diminta oleh resep, ya.

2. Uleni adonan hingga kalis-elastis

Campurkan bahan-bahan di atas secara merata. Tambahkan air sedikit demi sedikit hingga terbentuk adonan yang siap diuleni. Proses mengulen dilakukan kurang lebih 10-15 menit hingga kalis-elastis.

Nah, ciri adonan kulit martabak yang bagus adalah ketika direntangkan, ia bisa tipis namun tidak mudah sobek. Jadi ketika proses menggoreng nanti, kulit ini bisa menahan adonan isi martabak supaya tidak tercecer di wajan.

3. Rendam potongan adonan dalam minyak

Setelah mendapatkan adonan yang kalis-elastis, bagi adonan dalam beberapa potongan, bulatkan, lalu diamkan hingga beberapa saat. Siapkan sebuah mangkuk dan isi dengan minyak goreng. Masukkan bulatan adonan kulit di dalam mangkuk hingga terendam minyak sempurna dan diamkan selama 30-60 menit.

Langkah ini dilakukan supaya kulit martabak bisa benar-benar melar sekaligus terasa renyah saat digoreng nanti. Setelah waktu rendam habis, angkat potongan adonan dan giling melebar sesuai selera.

4. Goreng dengan sedikit minyak dalam wajan lebar


Penjual martabak telur biasa memakai wajan berbentuk lingkaran tanpa sisi yang lebar. Jika tak punya, anda bisa mengakalinya dengan wajan anti-lengket yang, seperti Oxone OX-30F Frypan 

Berdiameter 30 cm, Oxone OX-300 termasuk wajan datar yang cukup besar. Wajan ini dilapisi dengan marbel, yang kualitasnya jauh lebih baik dari lapisan anti lengket lainnya. Jadi, dijamin kulit martabak tidak akan menempel saat digoreng.

Panaskan sedikit minyak untuk menggoreng kulit martabak, berikut ditambahkan isinya. Untuk tahap ini, anda perlu melakukannya dengan cepat, nih.  Soalnya kalau sudah terkena minyak panas, kulit martabak cepat sekali mengering.


Oleh karena itu, siapkan bahan isian yang sudah tercampur rata sehingga bisa segera langsung dituang di atas kulit martabak. Lipat kulit martabak seperti amplop (membentuk persegi) dan goreng bolak-balik martabak hingga matang.

Sumber:https://resepkoki.id/4-tips-buat-adonan-kulit-martabak-yang-elastis-dan-tipis-garing/

Belum ada Komentar untuk "4 Cara Buat Adonan Kulit Martabak yang Elastis dan Tipis Garing"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel