5 Tips Membuat Saus Lada Hitam Homemade Senikmat Restoran

saus lada hitam seenak restoran ini bisa dibikin sendiri tidak ya di rumah? Dan ternyata, jawabannya adalah bisa! Bahan-bahannya mudah didapat dan caranya pun tidak sulit sama sekali.

1. Tumis bawang bombay dengan margarin sebagai bumbu dasar

Langkah pertama dari membuat saus lada hitam adalah menumis bawang bombay. Tumisan bawang bombay ini memberikan aroma sedap dan rasa manis-gurih yang akan digunakan sebagai bumbu dasar saus. Supaya hasil saus yang lebih harum dan gurih, gunakan 1 sdm margarin untuk menumis.

Kalau anda ingin menggantikan bawang bombay dengan bawang putih dan bawang merah, sebenarnya bisa-bisa saja. Namun, hasil sausnya tidak akan sesedap jika anda menggunakan bawang bombay.

2. Tambahkan paprika untuk aroma

Paprika memiliki aroma kuat yang sangat menggugah selera. Supaya saus lada hitam anda makin lezat, tambahkan 1 buah paprika yang dipotong dadu atau memanjang ke dalam tumisan bawang bombay. Anda bisa menggunakan paprika merah ataupun hijau, sesuai dengan selera. Tumis paprika hingga aromanya keluar.

Jika anda tidak suka menyantap paprika dan hanya ingin aromanya saja, anda bisa menyisihkannya setelah saus lada hitam jadi sempurna.

3. Buat saus dari saus tiram, gula pasir, dan air kaldu

Setelah tumisan layu dan harum, masukkan 1 sdm saus tiram, 200ml air kaldu, dan ½ sdt gula pasir. Aduk seluruh bahan hingga tercampur rata dan mendidih di atas api kecil. Ketiga bahan ini merupakan dasar dari saus lada hitam yang akan memberikan tekstur saus lembut dan rasa yang gurih.

Untuk air kaldu, anda bisa menggunakan baik kaldu sapi, kaldu ayam, maupun kaldu jamur. Sesuaikan saja dengan makanan apa yang akan anda campur bersama saus lada hitam ini. Kalau anda ingin membuat sapi lada hitam, lebih nikmat jika menggunakan kaldu sapi. Begitupula dengan masakan ayam lada hitam, jelas akan lebih nikmat kalau menggunakan kaldu ayam.

4. Gunakan lada hitam butir yang ditumbuk kasar

Kunci utama kenikmatan saus lada hitam di restoran adalah para juru masak menggunakan lada hitam butir yang segar. Lada hitam butir ini digerus kasar menggunakan alat seperti tongkat bambu yang bisa diputar bernama pepper mill. Dengan digerus kasar, lada hitam dapat mengeluarkan aroma dan rasa yang kuat.

Nah, untuk membuat saus lada hitam yang seenak restoran, anda jelas perlu menggunakan lada hitam butir juga. Namun, pasti tidak semua orang memiliki pepper mill di dapurnya. Jadi, untuk menggerusnya, anda bisa menumbuk 1 sdt lada hitam butir secara kasar menggunakan ulekan sambal. Kemudian, masukkan lada hitam tersebut ke dalam saus.

5. Kentalkan saus dengan tepung maizena


Yang namanya saus, teksturnya pasti harus kental, dong. Untuk membuat saus lada hitam menjadi kental, gunakan 1 sdt tepung maizena yang sudah dilarutkan dalam 1 sdt air. Masukkan larutan tepung maizena ke dalam adonan saus, lalu aduk-aduk hingga rata dan mengental. Kalau anda merasa kekentalannya belum sesuai, tambahkan lagi saja larutan tepung maizena. Tapi dalam jumlah yang lebih sedikit, ya.

Sumber:https://resepkoki.id/5-cara-membuat-saus-lada-hitam-homemade-senikmat-restoran/

Belum ada Komentar untuk "5 Tips Membuat Saus Lada Hitam Homemade Senikmat Restoran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel