6 Cara Sederhana dan Cepat untuk Memilih Ikan Segar


Bagi saya, agar olahan ikan terasa nikmat harus digunakan pula ikan yang segar. Pemilihan ikan segar sendiri sangat mudah dilakukan. Anda hanya perlu amati dengan panca indera. Yuk simak tips sederhana ini!

1. Badan Ikan Mengkilap dan Utuh

Secara kasat mata anda dapat pilih ikan yang badannya mengkilap dan utuh serta tidak patah atau rusak. Pada badan ikan, terdapat selaput tipis encer yang berwarna bening mengkilap. Selaput tersebut sedikit berbau amis namun tidak berbau busuk.

2. Mata Cerah dan Menonjol

Ikan yang segar memiliki mata yang menonjol, cerah dan terang. Bila mata ikan sudah kusam, cekung dan hampir terlepas dari tulangnya, maka bisa dipastikan ikan tersebut tidak segar lagi. Selain itu, mata ikan segar memiliki selaput yang jernih dan tipis

3. Tekstur Ikan Pejal dan Kenyal

Anda dapat mencoba menekan daging ikan dengan jari, bila tidak meninggalkan bekas maka ikan tersebut masih segar. Selain itu, saat ikan disayat terlihat daging yang masih kenyal dan berwarna khas cemerlang.

4. Sisik Utuh Melekat

Coba anda pegang badan ikan dan perhatikan sisiknya. Apabila sisik dengan mudahnya terlepas saat dipegang maka ikan tersebut sudah tidak segar lagi. Sebaliknya, pada ikan yang segar sisik tidak mudah terlepas dan melekat kuat pada kulit ikan.

5. Insang Merah dan Segar

Insang pada ikan segar masih terlihat utuh, berwarna merah cerah dan tidak berbau busuk. Perhatikan warna insang, pastikan warna merah bukan berasal dari darah. Hal ini dikarenakan beberapa pedagang menyiramkan darah ikan segar agar insang terlihat merah.

6. Tenggelam dalam air


Tips sederhana terakir adalah dengan mencoba memasukan ikan ke dalam air. Ikan yang segar akan tenggelam dalam air. Hal ini dikarenakan daging ikan segar masih padat dan berat sehingga membuatnya jatuh tenggelam.

Sumber:https://resepkoki.id/6-tips-memilih-ikan-segar/

Belum ada Komentar untuk "6 Cara Sederhana dan Cepat untuk Memilih Ikan Segar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel