Apa Bedanya Daun Seledri, Daun Ketumbar, dan Daun Peterseli


1. Kenampakan

Seledri memiliki daun yang lancip dan lebar cenderung pipih dengan warna hijau tua. Batangnya berbentuk bundar dan cenderung halus jika diraba, dengan aroma yang segar dan khas.

Bentuk dan warna daun peterseli nyaris sama dengan daun seledri, yaitu runcing dan hijau gelap. Namun ukuran daun peterseli lebih ramping, keriting, dan bergerombol. Anda juga bisa coba memperhatikan bentuk batangnya.  Jika batang seledri berbentuk bulat, maka batang daun peterseli berbentuk melengkung seperti bulan sabit. Jika diraba, permukaannya pun cenderung kasar dan bergerigi.

Di antara daun seledri dan peterseli, daun ketumbar ini lebih mudah dibedakan. Bentuk daun ketumbar cenderung lebih bulat dengan warna hijau yang jauh lebih terang. Ukurannya pun jauh lebih kecil dibanding dua daun lainnya. Aromanya pun cenderung seperti aroma langu yang khas.

2. Rasa

Untuk rasa, daun seledri memiliki rasa yang sangat segar, tekstur batangnya juga renyah. Sehingga daun seledri disukai banyak orang.

Sama seperti daun seledri, daun peterseli juga memiliki rasa yang segar. Namun tidak sesegar dan se-khas daun seledri.

Daun ketumbar memiliki rasa yang hampir mirip seperti citrus. Bahkan beberapa orang menyebut rasa daun ketumbar ini mirip seperti ‘sabun’, sehingga tidak banyak orang yang senang mengonsumsi sajian dengan bahan ini.

3. Kegunaan dalam masakan

Daun seledri bercitarasa segar dan khas. Itulah sebabnya ia sering dicampurkan ke dalam masakan seperti sup dan tumisan. Bahkan seledri juga sering dijadikan lalapan lho.

Berbeda dengan seledri, daun peterseli lebih banyak digunakan untuk garnish atau topping pada makanan barat seperti pizza, spaghetti, dan lasagna.


Daun ketumbar yang beraroma unik dan segar ini banyak digunakan untuk menyedapkan makanan khas Asia seperti kari dan tomyam.

Sumber:https://resepkoki.id/apa-bedanya-daun-seledri-daun-ketumbar-dan-daun-peterseli/

Belum ada Komentar untuk "Apa Bedanya Daun Seledri, Daun Ketumbar, dan Daun Peterseli"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel