Cara Menyimpan dan Kegunaan Tepung Beras Ketan


Ingin tahu lebih lanjut tentang tepung ketan? Atau penasaran bagaimana cara menyimpannya? Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

1. Cara pembuatan

Bicara tentang tepung ketan, rasanya kurang lengkap jika anda tidak tahu cara pembuatannya. Ada dua bahan utama tepung ketan, yaitu beras ketan putih dan beras ketan hitam. Sebelum menjadi tepung, beras ketan tersebut direndam dengan air selama semalaman, lalu dijemur sampai benar-benar kering. Setelah itu, tepung ketan digiling berkali-kali sampai benar-benar halus. Lalu diayak agar mendapatkan tekstur seperti tepung.

2. Cara penyimpanan

Sama seperti tepung lainnya, tepung beras juga rentan kutuan, jamuran, dan bau apek. Jika sudah begitu, tepung beras sudah tidak bisa digunakan lagi,  karena akan sangat mempengaruhi rasa dan kualitas makanan yang anda buat. Karena itu, anda harus tahu bagaimana cara menyimpan tepung ketan.

Jika anda masih memiliki sisa tepung beras, sebaiknya langsung pindahkan ke dalam wadah bersih dan kering yang kedap udara. Tutup serapat mungkin, lalu masukan ke dalam chiller, atau di ruangan yang suhunya stabil (tidak lembap dan tidak terkena sinar matahari langsung).

Dengan cara tersebut, tepung ketan anda bisa tahan lebih lama. Jika anda akan menggunakan tepung ketan tersebut, ambillah dengan sendok yang kering dan bersih, lalu segera tutup dan simpan kembali seperti semula.

3. Kegunaan

Salah satu kegunaan tepung ketan adalah sebagai bahan utama pembuatan berbagai makanan tradisional Indonesia seperti onde-onde, klepon, wingko, ronde, bubur candil, gemblong/getas, dan kue pancong. Makanan-makanan manis tersebut menjadi favorit banyak orang karena teksturnya yang khas, yaitu kenyal dan pulen. Selain itu, olahan dari tepung ketan juga mengenyangkan.


Hal tersebut terjadi karena tingginya zat pati dan amilopektin dalam tepung ketan. Dan tak hanya makanan manis saja, tepung ketan juga sering diolah menjadi makanan asin seperti telur gabus, kerupuk opak, sampai makanan khas Korea seperti tteokbokki lho.

Sumber:https://resepkoki.id/tips-menyimpan-dan-kegunaan-tepung-beras-ketan/

Belum ada Komentar untuk "Cara Menyimpan dan Kegunaan Tepung Beras Ketan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel