Apa itu Mie Shirataki


pernah dengar mie Shirataki?

Mie jenis ini lagi sering banget jadi perbincangan karena mie ini bisa jadi salah satu makanan pengganti karbohidrat. Masa iya? Dengan kandungan kalori yang rendah membuat mie shirataki berbeda dari mie pada umumnya. mie asal jepang ini memang dibuat untuk mereka yang sedang mengurangi karbohidrat untuk alasan berat badan maupun kesehatan. Tapi tahu nggak sih sebenarnya apa itu mie shirataki? Yuk simak penjelasan berikut.

1. Terbuat dari umbi-umbian




Mie shirataki terbuat dari olahan konjac, yaitu sejenis tanaman umbi-umbian yang kemudian diolah dan dikenal menjadi konyaku. Teksturnya kenyal seperti agar-agar atau jeli dan berwarna putih bening.

2. Bebas dari gluten dan kaya akan serat




Kalau mempunyai alergi dengan gluten, shirataki ini bisa jadi jawabannya! Karena mie shirataki ini bebas dari gluten kok. Mie ini rendah kalori dan karbohidrat, tetapi kaya serat dan cukup mengenyangkan. Makanan ini mengandung 97% air dan 3% serat. Jadi nggak usah takut kalau nggak kenyang karena nggak makan karbohidrat.

3. Bisa diolah menjadi mie tumis atau mie kuah




Sama dengan mie telur ataupun spaghetti, mie shirataki juga bisa diolah menjadi berbagai macam hidangan.  bisa membuat shirataki goreng dengan kecap Cap Orang Jual Sate yang bikin masakan jadi beda manis gurihnya, atau kuah dengan kaldu dan sayuran. Bisa juga sebagai campuran salad dengan seafood atau dibuat seperti ramen. Rasanya yang hambar bikin mie ini bisa banget dikreasikan jadi masakan-masakan yang lezat.

4. Terbagi jadi mie shirataki basah dan kering





pernah melihat ada mie shirataki yang kemasannya basah dan kering? Tenang aja, kedua jenis yang berbeda tersebut tetap sama-sama mie shirataki kok. Tapi perlu diingat khususnya jika membeli mie shirataki basah, sebelum diolah, shirataki harus dicuci bersih dari kemasan dan air rendamannya sebanyak beberapa kali untuk menghilangkan baunya. Untuk cara masaknya, sama seperti saat memasak pasta atau mie telur ya, .

Sumber:https://sukamasak.com/artikel-tips/2019/02/apa-itu-mie-shirataki

Belum ada Komentar untuk "Apa itu Mie Shirataki"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel