Tips Merebus Telur dengan Sesuai Tingkat Kematangannya


ingin memasak telur rebus setengah matang untuk langsung disantap? atau matang untuk diolah jadi telur balado?

Untuk merebus telur ternyata susah-susah gampang nih. Untuk bisa mendapatkan telur rebus yang sempurna untuk jenis masakanmu, perlu memperkirakan waktu yang digunakan nih . Mau bisa membuat telur rebus sesuai dengan tingkat kematangan yang inginkan? Tenang, itu semua bisa dilakukan dengan mengatur berapa lama waktu ketika merebusnya, waktu perebusan dihitung saat telur mulai  dimasukan ke dalam air yang mendidih ya, ! Tips lengkapnya? yuk, simak dibawah ini:

1. 4 menit 



Jika ingin mendapatkan hasil yang setengah matang dengan tekstur putih telur yang sudah matang sementara kuning telur masih cair, kuncinya adalah merebusnya dengan waktu tepat 4 menit. Dengan waktu perebusan selama 4 menit, tekstur telur yang buat akan kokoh dari luar karena putih telur yang sudah matang, tapi runny pada bagian kuning telurnya. Tapi jangan biarkan si kecil  terlalu sering mengkonsumsi telur dengan tekstur setengah matang seperti ini ya, !

2. 8-9 menit
  


Kalau ingin mendapatkan hasil telur rebus yang matang namun teksturnya kuning telurnya masih lembut, merebus telur dengan jangka waktu 8-9 menit ini solusinya. Jika si kecil tidak suka telur yang masih setengah matang karena bau kuning yang masih amis, merebus telur seperti ini dijamin bikin si kecil suka dan lahap makan kerena kuning telur tidak berbau amis dan tekstur telurnya juga masih lembut.

3. 12-14 menit 



Waktu memasak selama 14 menit akan menghasilkan telur rebus yang benar-benar matang sempurna, ! Bagian putih dan kuning telurnya akan matang dan memadat. Tekstur  telur rebus yang seperti ini biasanya sering dibuat untuk menu olahan seperti telur balado atau semur telur karena telur ini tidak mudah hancur.


Hindari memasak telur lebih dari 14 menit ya, jika tidak ingin telur rebus terlalu matang. Telur rebus yang terlalu matang juga tidak baik untuk dikonsumsi karena biasanya telur ini sudah memiliki sedikit rasa yang pahit akibat terlalu lama proses merebusnya. Ciri telur rebus yang terlalu matang yaitu sudah terdapat selaput berwarna abu-abu di bagian luar kuning telur. Jika dipotong melintang, selaput abu-abu tersebut terlihat seperti cincin. Telur rebus seperti ini sangat keras di bagian kuning telurnya sehingga terasa berpasir saat disantap.

Sumber:https://sukamasak.com/artikel-tips/2019/02/tips-merebus-telur-sesuai-tingkat-kematangannya

Belum ada Komentar untuk "Tips Merebus Telur dengan Sesuai Tingkat Kematangannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel