Tips Menyimpan Kelebihan Makanan



bingung jika membeli atau memasak makanan dalam porsi yang besar?

Nah, Kelebihan makanan bisa simpan untuk dimakan lagi dikemudian hari lho. Kelebihan makanan bisa disiasati dengan cara menghangatkan makanan sebelum disimpan. Makanan seperti sayur atau goreng-gorengan sebaiknya dipanaskan terlebih dahulu. Untuk masakan yang berkuah, pastikan memanaskannya sampai mendidih, sedangkan untuk makanan yang berbumbu kental, tambahkan sedikit air lalu tunggu sampai mendidih. Setelah dipanaskan jangan langsung simpan di wadah yang tertutup ya. Biarkan dulu beberapa saat sampai agak dingin karena uap air dapat menyebabkan makanan yang disimpan jadi tidak bisa tahan lama. Bagaimana sih cara menyimpan kelebihan makanan? Yuk simak !

1. Pilih Wadah yang Kedap Udara

 


Saat menyimpan makanan, pilihlah wadah yang kedap udara supaya lebih aman dan terlindungi dari bakteri dan kuman. Kalau nggak ada wadah yang tertutup atau wadah kedap udara, bisa membeli plastik wrapping untuk menutup makanan atau bisa juga menggunakan plastik es atau plastik bening yang diikat dengan karet. Makanan yang akan disimpan harus langsung disimpan ke dalam kulkas ya. Pastikan juga kulkas nggak penuh sesak oleh makanan lain supaya ada sirkulasi udara yang bisa membuat makanan lebih tahan lama.

2. Jangan Mencicipi Makanan dengan Tangan/Sendok yang Sudah Digunakan





Gunakan sendok yang bersih ya dan jangan juga terlalu sering mengaduk-aduk makanan yang sudah tersimpan di dalam kulkas. Jika ingin dikonsumsi, ambil makanan dengan menggunakan sendok yang bersih, kemudian simpan kembali kelebihan makanan yang masih tersisa.

Sumber:https://sukamasak.com/artikel-tips/2019/02/mau-menyimpan-kelebihan-makanan-cek-tips-berikut-moms

Belum ada Komentar untuk "Tips Menyimpan Kelebihan Makanan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel