Cara Memasak Cumi Dengan Sempurna



Makanan laut atau yang kondang disebut seafood tampaknya memang tidak pernah sepi penggemar. Selain jenisnya yang cukup banyak, seafood  memiliki cita-rasa yang khas. Bahkan, berbeda satu sama lainnya. Salah satu makanan laut yang tidak kalah lezat dan banyak penggemarnya adalah cumi. Sekalipun memiliki bentuk dan rupa yang aneh, sekalinya dimasak berubah menjadi hidangan yang mantap. Sayangnya, wujudnya yang aneh kadang membuat sebagian orang kesulitan mengolahnya. Terlebih, hewan laut ini memiliki cairan tinta hitam dan tidak semua orang menyukainya. Nah, bila berniat memasak cumi sendiri di rumah, berikut tips pengolahannya agar menjadi hidangan yang sempurna.

Memilih Cumi Segar

Mantap tidaknya masakan cumi juga bergantung seberapa tepat proses memilihnya. Cumi yang segar dapat menghasilkan cita-rasa yang sempurna. Cirinya dapat diketahui dari baunya yang mirip ikan segar. Bagian matanya juga masih jernih. Selain itu, kulit ari cumi yang masih segar belum sampai rusak. Ciri lainnya, cumi yang masih segar memiliki daging yang kenyal dan tidak berwarna kemerahan.

Membersihkan Cumi

Setelah mendapatkan cumi yang segar, segeralah membersihkannya. Awali dengan menarik kulit ari cumi dari bagian kepalanya. Bila kurang suka dengan tinta cumi yang berwarna hitam, bisa dibersihkan dari sela tentakel atau kaki-kakinya. Sebaliknya, jika ingin mencoba rasa gurih dari cumi, kantung tinta ini dibiarkan saja. Tarik juga tulang rawan yang berada di bagian punggung, kemudian cuci dengan air yang mengalir sampai bersih.

Memasak Cumi

Siapkan bumbu lengkap yang diperlukan untuk memasak cumi sesuai keinginan. Bila ingin membuat masakan cumi berkuah, didihkan dulu kuah dan bumbu, baru masukkan cuminya. Sementara jika ingin membuat cumi goreng, lebih baik dipotong-potong hingga menyerupai cincin. Goreng dalam minyak panas agar kematangannya sempurna.


Hal yang penting untuk diperhatikan, jangan memasak cumi terlalu lama. Cukup 10 menit saja bila menggunakan api yang besar. Cumi yang dimasak terlalu lama akan menghasilkan daging yang alot, sehingga menjadi kurang nikmat saat disantap.

Sumber:https://citarasaindonesia.co.id/artikel/ini-dia-cara-memasak-cumi-dengan-sempurna.html

Belum ada Komentar untuk "Cara Memasak Cumi Dengan Sempurna"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel