Memasak Dalam Jumlah Banyak Bebas Basi


Memasak memang identik dengan ibu rumah tangga. Semangat untuk membuat hidangan yang lezat dan nikmat selalu muncul saat bekerja di dapur. Bahkan, semangat mamasak ini kian menggelora saat membuat hidangan dalam jumlah yang banyak. Tak peduli berapa banyak sajian yang akan dibuat, jika sudah hobi apapun masakannya rela dikerjakan dengan sungguh-sungguh.

Namun begitu, semangat membuat masakan dalam jumlah besar, ternyata tidak dibarengi dengan kesiapan menjaganya tatkala tidak langsung disantap. Jangan sampai masakan yang sudah dibuat dengan susah payah, mendadak basi hanya karena kesalahan kecil dalam proses mengolahnya. Supaya hal ini tidak sampai terjadi, beberapa tips berikut ini dapat diaplikasikan untuk mencegah makanan dalam jumlah banyak menjadi basi.

Pastikan Kebersihan Tangan

Tangan merupakan sumber bakteri maupun kuman yang bisa memicu basi pada makanan. Sebelum memasak, pastikan tangan sudah dibersihkan dengan sabun antiseptik maupun air hangat. Bila perlu, gunakan handglove selama proses memasak berlangsung. Belum lagi, jika kuku jari tidak terawat kebersihannya, bisa jadi dapat membuat masakan yang sudah dimasak dalam jumlah banyak menjadi cepat basi. Lakukan rangkaian memasak dalam sekali waktu. Usahakan tidak pergi ke toilet di tengah proses memasak, karena berpotensi mengundang bakteri bercampur dalam masakan, bila saja lupa membersihkan tangan.

Jaga Kebersihan Alat Masak

Selain tangan, peralatan masak yang kurang bersih juga bisa menyebabkan masakan menjadi basi. Biasakan untuk mencuci alat-alat masak dengan sabun sampai bersih usai digunakan. Tidak ketinggalan pisau, talenan dan cobek yang kerap bersentuhan dengan bahan makanan mentah. Keringkan dengan lap bersih agar tidak didiami bakteri maupun mengundang korosi. Jangan lupa juga untuk membersihkan meja dapur dan kompor secara rutin agar tetap bersih dan nyaman saat digunakan untuk memasak.

Jauhi Mencicipi Masakan dengan Tangan

Kebiasaan yang sering terjadi ketika memasak adalah memasukkan tangan ke dalam masakan untuk mencicipinya. Padahal, hal ini bisa menyebabkan masakan basi bilamana kondisi tangan saat itu sedang tidak bersih dan penuh bakteri. Sebagai gantinya, gunakan sendok untuk mencicipi setiap masakan. Satu sendok hanya boleh untuk mencicipi satu masakan. Jangan digunakan berulang-ulang, karena bakteri yang menempel di sendok dari ludah air liur dapat menyebabkan masakan basi.

Simpan dalam Wadah Tertutup


Setelah masakan matang, sebaiknya disimpan dalam wadah tertutup. Paling tidak setelah uap panasnya hilang. Meletakkan makanan di tempat terbuka, dapat mengundang bakteri di udara, yang mungkin bisa menyebabkan basi. Bila masih ada sisa, simpan di dalam kulkas. Sementara untuk nasi, simpan dalam termos jika memang tidak langsung disajikan. Pastikan uapnya sudah hilang, karena tetesan uap nasi yang jatuh juga bisa menyebabkan basi.

Sumber:https://citarasaindonesia.co.id/artikel/memasak-dalam-jumlah-banyak-bebas-basi.html

Belum ada Komentar untuk "Memasak Dalam Jumlah Banyak Bebas Basi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel