Cara Membersihkan Kepiting agar Tidak Keracunan dan Siap untuk Dimasak


Kepiting adalah binatang anggota krustasea berkaki sepuluh dari upabangsa (infraordo) Brachyura, yang dikenal mempunyai ‘ekor’ yang sangat pendek (bahasa Yunani: brachy = pendek, ura = ekor), atau yang perutnya (abdomen) sama sekali tersembunyi di bawah dada (thorax). Tubuh kepiting dilindungi oleh cangkang yang sangat keras, tersusun dari kitin, dan dipersenjatai dengan sepasang capit. Ketam adalah nama lain bagi kepiting.


Kepiting terdapat di semua samudra dunia. Ada pula kepiting air tawar dan darat, khususnya di wilayah-wilayah tropis. Rajungan adalah kepiting yang hidup di perairan laut dan jarang naik ke pantai, sedangkan yuyu adalah ketam penghuni perairan tawar (sungai dan danau). Kepiting beraneka ragam ukurannya, dari ketam kacang, yang lebarnya hanya beberapa milimeter, hingga kepiting laba-laba Jepang, dengan rentangan kaki hingga 4 m.

Cara membersihkan kepiting agar tidak keracunan:
  1. Harus membuang bagian lambung kepiting. Lambung kepiting disebut juga kantong kencing kepiting,  terletak di cangkang punggung, sisi tepi di bagian tengah dengan bentuk menyerupai segitiga berupa kantong kecil berbahan tulang, di dalamnya terdapat pasir dan semacamnya. Ini awal cara membersihkan kepiting. 
  2. Harus membuang bagian usus kepiting, berupa seutas benang hitam yang menghubungkan lambung kepiting dengan pusar kepiting.
  3. Harus membuang hati kepiting, yang dinamakan juga papan segi enam.
  4. Harus membuang pipi bagian bawah atau insang kepiting yang tumbuh di bagian lambung berwujud seperti alis dua baris berbahan lunak, disebut juga alis kepiting.
  5. Setelah bersih semuanya, kepiting siap untuk dimasak.

Selamat Mencoba ^_^

Sumber:https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3681269/cara-membersihkan-kepiting-agar-tidak-keracunan-siap-untuk-dimasak

Belum ada Komentar untuk "Cara Membersihkan Kepiting agar Tidak Keracunan dan Siap untuk Dimasak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel