Lontong Balap, Makanan Khas Jawa Timur yang Memang Berasal dari Aksi Kebut-Kebutan


Jika Anda pernah berkunjung ke Jawa Timur, tentunya Anda sudah tak asing lagi dengan makanan satu ini. Lontong Balap yang berasal dari kota Surabaya ini dibuat dengan cara mencampurkan lontong, toge, tahu goreng, lentho, bawang goreng, kecap, dan sambal. Lalu, mengapa diberi nama Lontong Balap?

Konon, pada tahun 1913 di sekitar Jalan Semarang, Kecamatan Bubutan, Surabaya, banyak ditemui para penjual lontong. Tiap pagi, para penjual lontong ini berlomba-lomba memperebutkan menjajakan dagangannya menggunakan sepeda untuk mendapatkan pelanggan. Sejak saat itu, masyarakat sekitar pun menyebutnya dengan lontong balap.


Lontong Balap khas Jawa Timur ini berbeda dengan lontong sayur pada umumnya karena kuahnya tidak bersantan. Adanya lento yang dibuat dari kacang yang telah dibumbui juga menambah cita rasa Lontong Balap ini. Tak boleh ketinggalan, kecap dan sambal pun harus ditambahkan agar rasa Lontong Balap semakin nikmat. Anda tertarik untuk mencicipi kelezatan Lontong Balap ini?

Sumber:https://sukamasak.com/artikel-tips/2017/10/lontong-balap-makanan-khas-jawa-timur-yang-memang-berasal-dari-aksi-kebut-kebutan

Belum ada Komentar untuk "Lontong Balap, Makanan Khas Jawa Timur yang Memang Berasal dari Aksi Kebut-Kebutan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel