Mengolah Tunjang Empuk Tanpa Presto


Tunjang merupakan bagian kulit dari kaki sapi [kikil] yang dapat diolah menjadi berbagai masakan yang sedap, di antaranya gulai tunjang ala padang atau mie kocok Bandung. Bagian dari kulit kaki sapi ini terasa kenyal saat digigit dan memiliki cita rasa yang lebih lezat dan gurih dibanding kikil dari bagian tubuh lain dari sapi/kerbau. Selain rasanya yang lezat, tunjang juga memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Namun memasak tunjang terbilang cukup sulit. Pemilihan bumbu yang tepat untuk mengatasi bau amis harus diperhatikan, serta lama waktu perebusan juga harus sesuai, karena kedua hal tersebut yang menyebabkan tunjang berbau amis serta kurang lembut. Untuk mengatasi lamanya proses perebusan pada tunjang sebenarnya sekarang sudah ada panci presto yang memudahkan anda memasaknya di rumah. Namun apabila anda tidak memiliki panci presto, anda pun tetap bisa mengolah tunjang supaya empuk dan sedap.

Berikut tips untuk mengolah tunjang menjadi empuk tanpa panci presto: 
  1. pertama pilih tunjang/ kaki sapi yang sudah dibersihkan, ini untuk lebih memudahkan kita mengolahnya. Jika anda tidak akan langsung memasakya, segera simpan di dalam freezer.
  2. Rebus air secukupnya hingga mendidih, masukan tunjang rebus beberapa saat kemudian matikan api, buang air rebusannya.
  3. Rebus kembali tunjang dengan air bersih yang baru. Perebusan kedua ini harap diperhatikan apinya. Untuk hasil terbaik, rebus tujang dengan api sedang, cenderung kecil supaya kuahnya tidak kotor dan lebih mudah empuk serta tidak mengeluarkan aroma lebih tajam.
  4. Tambahkan beberapa lembar daun salam untuk menetralisir aromanya. Tambahkan juga beberapa mata asam Jawa, yang fungsinya selain membuat aromanya lebih baik, juga kandungan asam di dalamnya dapat membantu mengempukan tunjang yang sedang direbus.
  5. Lama perebusan tunjang bisa memakan waktu 2-3 jam. Cek dengan cara menusuknya dengan garpu. Setelah dipastikan tingkat kelembutannya pas, segara angkat dari kompor dan buang air rebusannya. Tiriskan, kemudian potong-potong. Tunjang siap diolah sesuai selera.


Sumber:https://citarasaindonesia.co.id/artikel/cara-mengolah-tunjang-empuk-tanpa-presto.html

Belum ada Komentar untuk "Mengolah Tunjang Empuk Tanpa Presto"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel