Cara Memilih Daging Kambing Untuk Sate

Apalagi saat dihadapkan dengan daging kambing, yang terlintas dalam pikiran adalah sate kambing yang empuk, panas, disertai paduan bumbu kacang yang mantap. Memang, tak ada pilihan kuliner yang lebih pas untuk memasak daging kambing selain dengan membuat sate.

Tapi, jangan terburu-buru membeli daging kambing dulu ya. Agar sate kambing yang akan dimasak benar-benar lezat, simak dulu beberapa tips memilih daging kambing yang tepat untuk sate.

Memilih Daging Segar

Sate kambing yang lezat, tentu diperolah dari daging kambing yang segar. Untuk memilih daging kambing yang segar ini, pilih daging yang warnanya merah. Biasanya ciri daging segar ini juga ditampakkan dengan warna merah yang cerah, bahkan terkadang bisa berwarna merah muda atau pink. Sementara bagian tubuh kambing yang cocok untuk diolah menjadi sate lantaran teksturnya yang empuk, antara lain panggung, has luar (sirloin), has dalam (tenderloin) serta bagian punuk (chateaubriand) yang terkenal empuk dan berharga mahal.

Aroma Prengus Khas

Kambing terkenal dengan bau prengusnya yang khas. Kadang ada yang sampai menyengat, meski sudah berbentuk potongan daging. Meski begitu, aroma prengus kambing ini bisa dijadikan tanda untuk mendapatkan daging kambing yang masih segar. Namun begitu, aroma prengus daging kambing yang segar tidak begitu menyengat. Dengan kata lain, jauhi daging kambing yang beraroma prengus cukup tajam, karena sudah tidak segar lagi.

Bertekstur Kenyal dan Padat

Selain aroma prengus, indikator daging kambing yang masih segar dapat diketahui dari teksturnya yang kenyal dan juga padat. Daging yang seperti ini bakal lebih pas untuk dimasak menjadi sate. Sebab, saat dibakar maupun dipanggang, dagingnya tidak sampai menyusut, hingga berasa alot ketika dimakan.

Daging Berlemak Putih

Guna menciptakan rasa sate yang lebih gurih, biasanya ditambahkan bagian lemak kambing dalam setiap tusuknya. Jika memilih lemak daging kambing, pilihlah yang berwarna putih. Bagian ini bisa lumer namun tidak sampai menjadi keras saat dibakar. Hasilnya, rasa gurih bakal membuat cita-rasa sate kian menggoyang lidah saat disantap.


Aplikasikan tips tersebut secara cermat saat membeli daging kambing, agar sate kambing yang lezat dan empuk bisa dilahap dengan nikmat.

Sumber:https://citarasaindonesia.co.id/artikel/cara-memilih-daging-kambing-untuk-sate.html

Belum ada Komentar untuk "Cara Memilih Daging Kambing Untuk Sate"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel