Trik Belanja Bahan Masakan Untuk Pesta


Meski tidak dalam skala yang besar, paling tidak acara ini bisa menjadi pilihan untuk berbagi kebahagian dengan orang terdekat. Selain itu, jamuan pesta disuguhkan untuk menjalin keakraban yang mungkin saja sempat memudar. Maka dari itu, perlu direncanakan secara matang, agar masakan yang akan disajikan tidak hanya nikmat, namun juga berkesan.

Salah satu hal yang butuh pertimbangan ekstra sebelum membuat masakan pesta adalah memilih bahan baku yang tepat saat belanja. Agar tidak bingung atau justru membeli bahan-bahan yang tidak dibutuhkan, berikut ini trik belanja yang tepat untuk sajian pesta. Dicatat baik-baik ya.

Buat Daftar Menu

Sebelum memutuskan untuk pergi belanja, sebaiknya menentukan menu apa saja yang akan disajikan saat pesta. Bila menginginkan pesta yang lebih sederhana, cukup bagi menu menjadi hidangan utama dan camilan. Sebaliknya, bila agenda pesta ingin dibuat lebih privat dan istimewa layaknya fine dining, bagi menu ke dalam sajian pembuka (appetizer), menu utama (main course) dan sajian penutup (dessert). Dari sini, kerucutkan lagi, hidangan apa saja yang akan disajikan untuk pembuka, penutup, menu utama hingga camilan.

Sesuaikan Jumlah Tamu

Agar waktu memasak efisien dan tidak terlalu banyak bahan makanan yang dibeli, tentukan berapa orang yang akan diundang dalam acara pesta tersebut. Sesuaikan dengan daftar menu yang telah dibuat. Misalnya, bila yang akan diundang 5 orang, berapa banyak daging yang akan dibeli untuk sajian utama, berapa buah-buahan yang diperlukan untuk sajian penutup, berapa banyak biskuit yang perlu dibuat sebagai camilan, dan seterusnya.

Realisasikan dengan Biaya

Setelah daftar menu pesta sudah disesuaikan dengan porsi untuk tamu yang akan diundang, kemudian realisasikan dengan biaya. Anggaran di sini yang bakal menentukan bahan baku makanan yang dibutuhkan terbeli maupun tidak. Bila dirasa ada bahan baku yang tersedia cukup banyak di rumah, bisa dicoret dari daftar. Dengan begitu, biaya yang dikeluarkan bisa diminimalkan atau dialokasikan untuk kebutuhan lainnya.

Prioritaskan Daftar Belanja

Jika sudah siap semuanya, mulai untuk melakukan belanja. Prioritaskan semua bahan yang ada dalam daftar untuk dibeli terlebih dulu. Jangan membeli bahan yang tidak ada dalam daftar. Bila ada bahan baku yang ternyata tidak tersedia, jangan terburu-buru mencari penggantinya. Letakkan dalam list terakhir, setelah daftar bahan baku yang memang ada terbeli semua. Barulah mulai mencari pengganti bahan baku yang tidak ada dalam daftar. Langkah ini cukup efektif untuk menekan biaya kebutuhan yang tidak terduga.


Cobalah rencanakan kegiatan pesta jauh-jauh hari agar dapat teragendakan secara matang. Selain itu, dengan membuat jarak waktu yang panjang, proses belanja menjadi lebih maksimal. Beragam masakan untuk pesta pun pada akhirnya dapat tersajikan dengan lezat dan tentunya penuh kesan bagi setiap tamu yang datang.

Sumber:https://citarasaindonesia.co.id/artikel/trik-belanja-bahan-masakan-untuk-pesta.html

Belum ada Komentar untuk "Trik Belanja Bahan Masakan Untuk Pesta"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel