Tips Kenali Ayam yang Tak Layak Konsumsi


Seiring dengan perkembangan zaman yang kian pesat, banyak bermunculan ragam kuliner baru yang patut untuk dicoba. Salah satunya kuliner berbahan ayam. Jika dulu, tren menu ayam hanya sebatas friedchicken, kini sudah banyak menu-menu berbahan ayam yang kian variatif dan lezat.

Kendati tren kuliner terus berkembang, masih ada oknum-oknum tak bertanggung jawab yang menjajakan ayam yang tak layak konsumsi. Padahal, sejatinya tujuan dasar menyantap ayam untuk mendukung asupan nutrisi dalam tubuh. Namun, hadirnya ayam tiren, berformalin maupun yang lainnya, tidak lagi menyumbangkan nutrisi. Sebaliknya, bisa meracuni tubuh.

Untuk menghindari hal berbahaya ini, Executive Chef dari Grand Royal Panghegar Bandung, Anton Pradipta, membeberkan beberapa tips mengenali ayam tak layak konsumsi.

Darah Beku di Bawah Sayap

Bagian ini menjadi indikator yang paling banyak digunakan untuk melihat ayam layak konsumsi atau tidak. Lihatlah pada bagian bawah sayap. Bila ada darah yang membeku, maka bisa dipastikan ayam tersebut sudah tidak layak untuk dikonsumsi lagi.

Zat Asing di Permukaan Kulit

Langkah berikutnya yang bisa dilakukan adalah menggosok permukaan kulit ayam. Gunakan jari tangan untuk menggosoknya. Jika menemukan semacam serbuk atau benda asing, segera urungkan niat untuk membeli ayam tersebut. Bisa jadi benda asing tersebut merupakan zat kimia berbahaya yang difungsikan untuk mengawetkan ayam, seperti boraks maupun formalin.

Perhatikan Lalat

Ketika melihat bahan makanan yang dihinggapi lalat, kabanyakan orang akan berpikir kurang higienis. Namun, hadirnya lalat tidak selamanya buruk. Lalat yang hinggap pada daging maupun ayam di tempat terbuka menjadi tanda jika bahan makanan ini alami. Sebaliknya, ayam yang tak layak konsumsi akibat dicampur dengan zat kimia tertentu, bakal lebih sepi dari kerumunan lalat.

Perhatikan Warna dan Aroma

Ayam yang normal berwarna putih-krem dan memiliki bau khas daging pada umumnya. Sebaliknya, bila ayam berwarna kuning-kehijauan serta berbau anyir, tak perlu lagi ditawar untuk dibeli. Sebab, ayam semacam ini sudah tak layak untuk dikonsumsi.


Selain dari tips-tips tersebut, cobalah mencari supplier yang terpercaya dan jadikan langganan. Dengan begitu, ayam yang hendak dikonsumsi bakal lebih aman. Waktu pun tidak terbuang percuma hanya untuk berlama-lama memilih ayam yang layak dikonsumsi.

Sumber:https://citarasaindonesia.co.id/artikel/tips-kenali-ayam-yang-tak-layak-konsumsi.html

Belum ada Komentar untuk "Tips Kenali Ayam yang Tak Layak Konsumsi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel