Tips Menghilangkan Bau Amis pada Ayam


Ayam merupakan bahan masakan yang disukai hampir semua orang. Beragam menu dapat disajikan dari ayam. Bisa dibuat ayam goreng, nugget, semur, pepes, ayam bakar atau  opor ayam dan banyak lagi. Selain itu ayam juga termasuk cukup mudah diolah karena dagingnya yang tidak keras, jadi memasaknya pun bisa dibuat dalam waktu yang relatif singkat. Sayangnya, bau amis pada ayam kadang cukup mengganggu apabila tidak ditangani dengan baik, bahkan mungkin dapat menyebabkan selera untuk memakannya jadi berkurang.

Sebelum membeli ayam, yang harus diingat adalah memastikan ayam yang anda beli benar-benar masih dalam keadaan segar, warnanya agak kemerahan, tidak pucat atau kekuningan dengan aroma yang tidak menyengat. Ayam negeri,  karena kandungan lemaknya yang tinggi biasanya cenderung memiliki aroma yang lebih tajam, namun jika kondisinya masih segar, aroma tersebut masih tercium  normal. Namun apabila anda masih tetap merasa terganggu dengan aromanya,  berikut ada beberapa tips untuk menghilangkan bau pada ayam: 
  1. Cara paling populer untuk mengatasi bau amis pada ayam biasanya dengan menggunakan garam dan air perasan jeruk nipis. Caranya, bersihkan ayam, kemudian cuci sampai bersih, lumuri dengan 1 sendok teh garam. Tambahkan kira-kira 2-3 sdm air perasan jeruk nipis untuk tiap satu kilogram ayam, aduk rata kemudian diamkan selama 10 menit, bilas. Ayam siap digunakan.
  2. Selain jeruk nipis, anda juga bisa menggunakan air asam jawa untuk menghilangkan lendir dan bau amis pada ayam. Caranya, setelah ayam dicuci dan dibersihkan, rendam dalam air asam jawa sebanyak 3-4 sendok makan untuk setiap satu kilogram ayam. Lama perendaman 30 menit sampai 1 jam. Selanjutnya ayam dicuci, dan siap digunakan.
  3. cara yang ketiga, gunakan buah tomat matang segar ntuk menghilangkan lendir dan bau amis pada ayam. Caranya, bersihkan ayam, kemudian masukan 1 sendok teh garam dan 2 buah tomat matang yang sudah dicincang kasar untuk setiap satu kilogram ayam. Aduk sambil diremas. Diamkan selama 10 menit. Cuci bersih.
  4. Cara lain untuk menghilangkan bau amis pada ayam yaitu dengan menggunakan cuka. Anda tidak perlu banyak-banyak menambahkan cuka, cukup ½ sendok teh cuka untuk setiap satu kilogram ayam. Usapkan secara merata pada permukaan ayam, setelah itu langsung dibilas hingga bersih.
  5. Menggunakan terigu. Ini juga salah satu tips yang lumayan efektif untuk mengusir bau amis pada ayam. Caranya, cuci dan bersihkan ayam, kemudian lumuri dengan tepung terigu hingga seluruh permukaannya tertutup rata. Diamkan selama 10-20 menit, kemudian cuci bersih dan keringkan dengan lap atau tissu dapur.



Sumber:https://citarasaindonesia.co.id/artikel/tips-menghilangkan-bau-amis-pada-ayam.html

Belum ada Komentar untuk "Tips Menghilangkan Bau Amis pada Ayam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel