Manfaat Dari Buah Kedondong hingga Kulit Batang Pohonnya


selain rasa asamnya yang menyegarkan, ternyata kedondong juga berkhasiat loh untuk kesehatan kita. Eits, bukan hanya buahnya saja ya yang bermanfaat, kulit batang dan daun pohon kedondong ternyata juga memiliki manfaat bagi tubuh kita. Wah berarti bagus banget dong ya kalau kita menanam pohon kedondong di pekarangan rumah. Apa saja sih manfaatnya? Yuk simak ulasan berikut ini!

1. Meredakan batuk.

Wah, ternyata kedondong tidak hanya bisa menghilangkan rasa kantuk loh. Kalau kita batuk, kita bisa nih minum air perasan kedondong. Kita hanya memerlukan 3-4 kedondong yang dikupas dan diparut. Kemudian, peraslah kedondong yang sudah diparut tersebut. Sebaiknya, air perasan kedondong ini diminum sebanyak 2 kali sehari ya.

2. Meningkatkan imunitas tubuh dan menangkal radikal bebas.

Kedondong ternyata juga memiliki kandungan nutrisi yang tinggi loh, diantaranya adalah kandungan vitamin C dan vitamin A. Kamu pasti tahu banget kan kalau vitamin C baik untuk menjaga daya tahan tubuh kita. Wah, tepat banget ya buat kita yang banyak aktivitasnya. Gak cuma itu aja loh, vitamin A pada kedondong juga mampu menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan munculnya penyakit seperti kanker.

3. Mencegah munculnya anemia.

Buat kamu yang punya masalah dengan anemia, kamu juga bisa nih mengatasinya dengan mengonsumsi buah kedondong. Kedondong memiliki kandungan zat besi yang pastinya bagus banget untuk meningkatkan kandungan darah pada tubuh kita. Selain itu, zat besi juga bagus untuk mempercepat proses penyembuhan luka kita.

4. Mengobati luka terbuka di kulit atau borok dengan daun kedondong.

Selain kulit batang pohonnya, ternyata daun kedondong juga bermanfaat loh jika ada bagian tubuh kita yang luka ataupun borok. Kita cukup menumbuk beberapa lembar daun kedondong. Setelah luka dibersihkan, tempelkan daun kedondong yang sudah ditumbuk pada bagian tubuh kita yang luka atau borok selama satu jam. Daun kedondong akan mendinginkan luka kita dan juga membunuh kuman-kuman sehingga kita terhindar dari infeksi.

5. Meredakan gejala diare dengan minum air rebusan kulit batang pohon kedondong.


Nah ini salah satu keuntungan jika ada pohon kedondong di rumah kita. Yup kita bisa jadiin kulit batang pohon kedondong sebagai obat diare. Caranya simpel saja kok, kita cukup memotong kecil-kecil kulit batang pohon dan merebusnya sampai mendidih. Setelah itu, saring airnya dan tunggu hingga dingin.

Sumber:https://resepkoki.id/manfaat-kedondong-dari-buah-hingga-kulit-batang-pohonnya/

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Dari Buah Kedondong hingga Kulit Batang Pohonnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel