9 JENIS MAKANAN YANG TIDAK BOLEH DISIMPAN DI KULKAS


Selama ini masyarakat modern meyakini bahwa kulkas adalah solusi yang membuat makanan jadi tahan lama. Padahal tidak semua bahan makanan bisa disimpan di kulkas. Sebab kulkas justru bisa menyebabkan bahan-bahan makanan tertentu menjadi cepat rusak dan menyebabkan bau tidak sedap pada kulkas. Mungkin kita sering mengeluhkan bahan makanan yang rusak karena dimasukkan ke kulkas. tetapi setelah kita mengetahui fakta seputar bahan makanan tersebut, maka kita akan lebih mahir memisahkan makanan yang diletakkan di kulkas atau tidak. Mulai sekarang, jangan sampai kita memasukkan 9 jenis makanan ini ke kulkas, ya.

Tomat

Meski tumbuh di daerah dingin, buah tomat justru tidak tahan dengan hawa dingin kulkas yang berlebihan. Menyimpan tomat di kulkas bisa membuat tomat keriput, kadar airnya berkurang, dan kurang menarik ketika diolah.

Kentang

Kentang yang disimpan di kulkas menjadi lebih mudah busuk dan rasanya pun berubah. Solusinya, simpanlah kentang di wadah kertas dan letakkan di tempat kering.

Aneka Jenis Bawang

Karena bawang membutuhkan sirkulasi udara yang lancar, maka bawang juga tak cocok disimpan di kulkas. bawang yang disimpan di kulkas malah cepat berubah warna dan membusuk.

Madu Murni

Madu murni merupakan salah satu bahan makanan paling awet di dunia. Asalkan disimpan di wadah yang bersih dan tertutup, madu bisa bertahan dalam waktu lama. Menyimpan madu di kulkas hanya membuat nutrisinya berkurang dan bentuknya mengkristal hingga sulit diolah.

Alpukat

Sayang sekali jika buah favorit yang satu ini jadi cepat membusuk hanya karena diletakkan di kulkas. Sebaiknya kita meletakkan alpukad pada temperatur ruangan. Sementara alpukat yang ingin segera dimakan bisa diletakkan di kulkas selama 1 jam saja.

Kemangi

Aroma harum dari daun kemangi bisa hilang karena menyerap aroma bahan makanan lain di dalam kulkas. Di samping itu, helai-helai daunnya pun sangat cepat layu karena hawa dingin kulkas.

Bubuk Kopi

Hal yang paling disukai dari kopi adalah aromanya. Tetapi aroma kopi yang khas itu bisa menghilang jika kita menyimpan bubuk kopi di kulkas. bubuk kopi hanya perlu ditempatkan di wadah tertutup dalam temperatur ruangan.

Saus

Hawa dingin kulkas rupanya juga tidak baik bagi saus, terutama saus yang mengandung aneka rempah. Karena hawa dingin tersebut dapat membuat rempah-rempah pada saus jadi cepat membusuk.

Roti

Ada anggapan bahwa roti yang disimpan di kulkas akan menjadi tahan lama. Padahal meski tahan lama, roti tersebut akan mengeras dan kehilangan kelembapan. Akibatnya, roti pun jadi terasa kurang lezat meskipun sudah dihangatkan di microwave.


Selain membuat kapasitas penyimpanan kulkas jadi lebih longgar, kita juga bisa berhemat karena persediaan bahan makanan kita tak mudah rusak. Yuk segera pindahkan semua bahan makanan yang tidak seharusnya disimpan di kulkas.

Sumber:https://www.kreasisasa.com/cookingnary/tips-lainnya/9-jenis-makanan-yang-tidak-boleh-disimpan-di-kulkas

Belum ada Komentar untuk "9 JENIS MAKANAN YANG TIDAK BOLEH DISIMPAN DI KULKAS"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel