3 Cara Membuat Sate Ayam Tidak Amis & Resap Bumbunya


1. Marinasi daging ayam dengan air jeruk-bawang putih

Kadang kalau tak diolah dengan baik, rasa sate ayam bisa hambar dan agak amis khas ayam. Supaya aroma amisnya hilang, marinasi daging ayam dengan bahan asam dan beraroma seperti air jeruk dan bawang putih. Caranya, cuci daging ayam lalu potong dadu sesuai selera. Lumuri potongan ayam tersebut dengan perasan air jeruk dan bawang putih yang sudah dihaluskan secara merata. Diamkan selama 30 menit dan daging siap diolah.

2. Rendam daging dalam bumbu marinasi minimal 2 jam

Ada 2 tahap marinasi sate ayam, yakni marinasi untuk hilangkan bau amis (air jeruk-bawang putih) dan marinasi bumbu untuk memperkaya rasa. Kalau anda bikin sate ayam madura yang kaya bumbu, berarti anda perlu buat bumbu marinasi kacang untuk tahap marinasi 2.

Bumbu marinasi kacang terdiri dari kacang tanah goreng yang ditumbuk halus, kecap manis, gula merah, bumbu halus (bawang merah, bawang putih, kemiri, dll), daun jeruk, dan lainnya. Nah supaya bumbu marinasi kacang ini benar-benar meresap, rendam potongan daging ayam selama minimal 2 jam hingga semalaman.

3. Rajin bolak-balik sate plus oleskan bumbu selama proses bakar


Pastikan anda pakai api kecil-sedang saat membakar agar sate bisa matang merata dan tak cepat kering. Panaskan  panggangan terlebih dahulu, lalu tata sate di atasnya. Rapatkan tusukan agar daging sate tak lekas kering sekaligus mempermudah proses pembalikkan.

Nah, sate ayam ini harus rajin dibolak-balik agar matang merata dan tak gosong pada satu sisi.

Kalau tak punya tempat khusus membakar, anda juga bisa pakai wajan datar anti lengket atau grilling pan, seperti Maxim Teflon Square Grill. Grilling pan ini dilapisi Teflon Xtra 3 lapis yang bebas PFOA dan aman digunakan. Desain grilling pan yang sedikit bergelombang juga membuat sate jadi tidak terlalu berminyak.


Selama proses pembakaran, penting juga untuk mengoleskan bumbu agar lebih bercitarasa ketika matang nanti. Campurkan sisa bumbu kacang untuk marinasi dengan mentega dan kecap, lalu oleskan secara merata pada daging sate. Bakar sate hingga matang dan terkaramelisasi.

Sumber:https://resepkoki.id/3-tips-membuat-sate-ayam-tidak-amis-resap-bumbunya/

Belum ada Komentar untuk "3 Cara Membuat Sate Ayam Tidak Amis & Resap Bumbunya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel