4 Cara Praktis Membersihkan Rice Cooker


cara membersihkan rice cooker yang baik dan benar.

1. Bersihkan panci

Keberadaan panci dalam rice cooker barangkali merupakan yang paling penting, karena panci tersebut menjadi alat yang bersentuhan langsung dengan beras ataupun nasi. Maka dari itu, kebersihannya juga harus benar-benar diperhatikan. Sebaiknya, anda langsung merendam panci rice cooker dengan air hangat saat akan memasak nasi yang baru.

Hal tersebut bertujuan untuk melunakkan sisa nasi sebelumnya agar lebih mudah dibersihkan. Rendam selama kurang lebih sepuluh menit, setelah itu anda bisa menggunakan sabun pencuci piring. Lalu bersihkan kembali dengan air hangat agar sisa sabun terangkat.

2. Bersihkan bagian dalam

Karena tak bersentuhan langsung dengan beras dan nasi, bagian dalam rice cooker ini seringkali diabaikan kebersihannya hingga timbul banyak noda kecokelatan. Padahal, bagian dalam ini berdekatan dengan elemen pemanas yang penting.

Cara membersihkan bagian dasar ini sangat mudah. Anda hanya perlu menyiapkan lap basah yang sudah diberi sabun pencuci piring dan usapkan dengan lembut. Lalu bersihkan kembali dengan lap basah yang bersih. Langsung keringkan dengan lap kering karena bagian ini rentan terhadap air. Tunggu sesaat sampai benar-benar kering sebelum rice cooker digunakan kembali.

3. Bersihkan tutup

Di bagian pinggir tutup rice cooker, biasanya terdapat lubang kecil yang berfungsi untuk mengeluarkan uap panas dari dalam saat memasak nasi. Nah, sebaiknya anda membersihkan tutup rice cooker agar tidak ada kotoran yang menempel di lubang tersebut, karena akan menyebabkan nasi menjadi cepat basi dan sirkulasi udara di dalam rice cooker tidak lancar.

Beberapa merk rice cooker juga menyediakan wadah kecil yang berfungsi untuk menampung sisa uap air. Jika wadah tersebut sudah penuh, sebaiknya anda segera membuang airnya agar tidak tumpah dan mengotori bagian luar rice cooker.

4. Bersihkan badan atau body luar

Bagian ini termasuk bagian yang paling mudah dan minim risiko. Untuk membersihkan bagian luar rice cooker, anda hanya perlu mengelapnya dengan kain basah. Usap dengan lembut dan langsung keringkan dengan lap kering agar rice cooker selalu terlihat bersih dan cantik.


Kebersihkan rice cooker mungkin masih terdengar sepele dan kurang penting bagi sebagian orang. Tapi tak ada salahnya jika anda lebih memperhatikannya mulai sekarang. Selain bisa membuat nasi  lebih tahan lama dan juga lebih sehat, membersihkan rice cooker tentunya akan memperpanjang masa pakai rice cooker anda.


Sumber:https://resepkoki.id/4-langkah-cara-praktis-membersihkan-rice-cooker/

Belum ada Komentar untuk "4 Cara Praktis Membersihkan Rice Cooker"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel