4 Cara Sukses Membuat Telur Goreng dengan Kuning Telur Meleleh


Meski menggoreng telur mata sapi adalah hal yang mudah, tapi berbeda ceritanya saat menggoreng telur mata sapi dengan runny yolk. Tidak butuh keahlian khusus memang, tapi latihan dan kebiasaan jadi penentu keberhasilan untuk membuatnya. Apalagi sekarang muncul kriteria tambahan lagi yaitu sekaligus dengan pinggiran telur yang keriting, kecoklatan, dan renyah. Wow! Terdengar lebih lezat tapi pastinya lebih menantang juga dong. Simak langsung yuk tipsnya di bawah ini.

1. Pilih telur yang segar

Telur segar atau baru memiliki kuning telur yang lebih baik sehingga akan lebih mudah dibuat jadi runny yolk-nya. Selain itu, telur yang berkualitas bagus akan punya kuning telur yang bulat, utuh, ‘kencang’, dan tepat berada ditengah putih telur saat dipecahkan di atas wajan.

2. Gunakan wajan anti lengket

Telur goreng mata sapi dengan runny yolk sekaligus pinggiran renyah hanya bisa tercipta dengan alat masak atau wajan anti lengket. Bayangkan, jika anda memakai wajan yang lengket. Saat mengangkat telur ketika matang, kuning telur bisa saja lengket dan pecah. Tidak mau seperti itu, kan?

3. Pecahkan telur di atas wajan yang belum terlalu panas

Beri minyak secukupnya di atas wajan, lalu panaskan sebentar di atas api kecil. Pecahkan telur secara perlahan ke atas wajan agar bentuknya tetap rapi atau tidak pecah/tercampur antara kuning dan putih telurnya.

4. Ubah jadi api sedang untuk membuat pinggiran renyah

Besarkan nyala kompor jadi api sedang untuk membuat pinggiran telur jadi keriting, kecoklatan, dan renyah. Gunakan api sedang sebentar saja hingga pinggiran telur tadi sudah terbentuk lalu kecilkan kembali apinya. Masak sebentar hingga putih telur matang keseluruhan. Matikan api dan segera angkat telur perlahan untuk disajikan.


Jika anda merasa kuning telur masih terlalu ‘cair’, anda juga bisa memasaknya menggunakan api kecil dengan wajan ditutup. Cara ini bisa membuat bagian atas kuning telur jadi lebih matang. Tapi jangan terlalu lama ditutup ya agar efek runny yolk atau kuning telur meleleh tetap bisa anda dapatkan.

Sumber:https://resepkoki.id/4-langkah-sukses-membuat-telur-goreng-dengan-kuning-telur-meleleh-dan-pinggiran-renyah/

Belum ada Komentar untuk "4 Cara Sukses Membuat Telur Goreng dengan Kuning Telur Meleleh "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel