4 CaraMembuat Ayam Bakar Empuk Dan Bumbunya Meresap Sempurna


Membakar ayam itu butuh trik agar bisa matang sempurna. Jika salah panggang, bisa-bisa kulit luarnya sudah gosong tapi dalamnya masih merah atau mentah. Agar hal tersebut tak terjadi, yuk simak tips berikut ini!

1. Cuci ayam dengan air mengalir hingga bersih

Apapun jenis ayamnya, pastikan untuk mencucinya hingga bersih di bawah air mengalir. Bersihkan dari noda darah, kotoran, dan lendir. Setelah itu, lumuri ayam dengan garam dan air jeruk nipis/asam jawa agar lendir dan bau amisnya bisa hilang. Diamkan selama 15-30 menit dan ayam siap diolah.

2. Ungkep ayam dengan api kecil hingga bumbunya kering

Ungkep ayam sebelum dibakar membuat tekstur dagingnya lebih empuk, lebih matang, dan kaya rasa. Pokoknya, langkah ini memberikan poin plus plus untuk ayam bakar.

Nah, cara mengungkepnya juga perlu diperhatikan, nih. Pertama, haluskan bumbu untuk mengungkep dan tumis hingga harum. Selanjutnya, masukkan ayam dan tuang air kelapa hingga semua bagian ayam terendam, lalu ungkep ayam hingga air menyusut. Agar hasilnya lebih sempurna, ungkep dengan api kecil. Dengan begitu, bumbunya akan lebih menyerap dan tekstur daging ayam cukup matang.

3. Pakai beragam bumbu agar ayam bercitarasa

Ungkep bumbu memang penting, tapi proses ini akan menghasilkan ayam yang lebih enak bila memakai aneka bumbu. Biasanya, ayam bakar yang simple memakai bumbu kemiri, ketumbar, bawang merah, bawang butih, gula, dan garam. Namun tak ada salahnya menambahkan bumbu lain seperti madu dan kecap untuk manis, serta lada, jahe dan cabai jika suka pedas, kunyit untuk memberi warna kuning cerah, dan bumbu aromatik seperti daun salam, daun jeruk, serai, dan sebagainya saat menumis bumbu halus. Intinya, sesuaikan dengan selera anda, ya!

4. Gunakan api sedang saat membakar ayam


Setelah ayamnya selesai diungkep, siapkan tempat bakarannya. Kalau tak punya tempat khusus membakar, anda juga bisa pakai wajan datar anti lengket atau grilling pan, seperti Maxim Teflon Square Grill. Grilling pan ini dilapisi Teflon Xtra 3 lapis yang bebas PFOA dan aman digunakan. Desain grilling pan yang sedikit bergelombang juga membuat ayam bakar jadi tidak terlalu berminyak.

Untuk membakarnya, anda tidak perlu oles minyak, langsung saja masukkan ayam berbumbu dalam wajan. Nah supaya dagingnya matang sempurna, gunakanlah api sedang. Api besar memang cepat mematangkan bagian luar, tapi daging ayamnya tanak.


Jangan lupa mengolesi ayam selama proses bakar supaya bagian kulitnya tetap terasa berbumbu. Bakar hingga muncul bagian karamelisasi atau bercak-bercak coklat di beberapa bagian, lalu angkat dan sajikan selagi hangat.

Sumber:https://resepkoki.id/4-tips-membuat-ayam-bakar-empuk-bumbu-meresap/

Belum ada Komentar untuk "4 CaraMembuat Ayam Bakar Empuk Dan Bumbunya Meresap Sempurna"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel