5 Cara Tepat Menggulung Kue Bolu Tanpa Patah dan Hancur


Salah sedikit, bolu bisa patah dan bentuknya jadi tidak bulat. Untungnya saya menemukan tips ampuh untuk menyiasati hal tersebut. Nah, agar anda tidak salah saat menggulung bolu seperti saya dulu, yuk ikuti tips di bawah ini.

1. Lapisi bolu dengan kertas roti atau serbet

Saat akan menggulung kue, sebaiknya anda melapisi kue tersebut dengan alas terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan kertas roti atau serbet. Untuk kertas roti, anda bisa langsung menggunakannya begitu saja begitu saja. Tapi jika anda menggunakan serbet, sebaiknya taburi permukaan bolu dengan gula halus agar tidak lengket di serbet. Setelah itu, gulung bolu secara perlahan dari sambil ditekan-tekan agar bolu menjadi padat. Selain agar tidak lengket, menggulung bolu dengan alas juga bisa mempermudah anda dalam membentuk kue menjadi lebih rapi.

2. Gulung kue dalam keadaan masih panas

Jika selama ini anda menunggu bolu dingin sebelum digulung, sebaiknya ganti kebiasaan tersebut. Menggulung bolu dalam keadaan dingin hanya akan membuat bolu anda hancur dan gagal karena bolu sudah keras sehingga sulit digulung dan bolu akan patah. Sebaiknya selagi masih panas dan bolu masih lentur, anda segera menggulungnya.

3. Beri isian kue dan gulung kembali

Meskipun bolu anda langsung digulung saat masih panas, bukan berarti anda bisa langsung mengoleskan selai atau isian lainnya. Bolu gulung memang sebaiknya digulung dua kali demi hasil yang maksimal. Gulungan pertama bertujuan untuk membentuk bolu agar lebih lentur. Baru setelah bolu agak dingin, anda bisa mengoleskan isian sesuai selera. Lalu gulung kembali bolu sampai padat. Langsung memberikan isian pada permukaan bolu saat masih panas hanya akan membuat selai atau krim mencair karena suhu bolu yang masih terlalu panas.

4. Simpan bolu gulung di lemari es

Setelah bolu selesai digulung, jangan langsung melepaskan alasnya. Masukkan bolu gulung sebentar ke dalam lemari es. Hal tersebut bertujuan untuk membentuk tekstur bolu yang padat sehingga gulungan bolu tidak akan terbuka kembali. Simpan bolu gulung tersebut selama kurang lebih setengah jam sebelum disajikan.

5. Potong bolu gulung sesuai selera


Setelah setengah jam, anda bisa mengeluarkan bolu gulung dari lemari es, lalu lepas kertas roti atau serbet secara perlahan. Setelah itu, anda bisa memotong bolu tersebut dengan ketebalan kira-kira 1 cm atau sesuai selera. Agar hasil lebih rapi, pastikan anda menggunakan pisau yang tajam saat memotong bolu gulung. Lalu tata bolu gulung dalam piring saji agar tampilannya lebih cantik dan rapi.

Sumber:https://resepkoki.id/5-cara-tepat-menggulung-kue-bolu-tanpa-patah-dan-hancur/

Belum ada Komentar untuk "5 Cara Tepat Menggulung Kue Bolu Tanpa Patah dan Hancur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel