5 Cara Membuat Selai Buah Untuk Kue Kering


Berikut saya bagikan tips membuat selai yang bisa anda coba sendiri di rumah.

1. Sesuaikan tingkat kematangan buah untuk selai

Biasanya, selai dibuat dari buah-buahan yang mengandung rasa asam seperti buah nanas, stroberi, apel, ataupun blueberry. Nah, untuk mendapatkan rasa asam dan segar pada selai anda, sebaiknya anda memilih buah-buahan yang belum terlalu matang. Karena buah-buahan yang sudah benar-benar matang akan memiliki rasa manis yang lebih dominan, dan lebih cocok dimakan langsung maupun diolah menjadi jus. Kecuali untuk selai nanas, anda sebaiknya memilih buah yang sudah benar-benar matang agar aroma dan rasanya lebih keluar.

2. Parut buah-buahan

Jika selama ini anda selalu memblender buah-buahan yang akan dijadikan selai, ada baiknya anda mengganti cara tersebut. Buah yang diblender akan lebih cair karena ditambahkan air, sehingga sulit mengental. Dibanding memblender buah, lebih baik anda memarutnya. Selain agar rasa buah lebih alami karena tanpa campuran air, selai anda pun akan lebih bertekstur.

3. Perhatikan cara mengaduk adonan selai

Ternyata mengaduk adonan selai tak bisa sembarangan. Ada teknik khusus yang harus anda perhatikan agar adonan selai anda tidak gagal. Cara terbaik mengaduk adonan selai adalah dengan gerakan memutar searah. Hal tersebut bertujuan agar selai anda menjadi kental dan tidak mengandung gelembung udara. Pastikan juga mengaduk selai sampai ke dasar agar gula tidak mengkristal bahkan gosong di dasar panci.

4. Tambahkan banyak gula pada adonan selai

Sudah bukan rahasia umum lagi jika salah satu bahan utama dari selai adalah gula pasir. Nah, anda tak perlu ragu saat memberikan takaran gula pada adonan selai anda, tak usah takut kebanyakan juga. Karena ternyata, penambahan banyak gula pada adonan selai bisa membantu membuat selai anda menjadi lebih kental dan teksturnya pun bagus. Selai yang berair dan encer tidak akan tahan lama dan rentan terkena jamur.

5. Tambahkan sedikit garam pada adonan selai


Meskipun selai memiliki rasa yang manis, tak ada salahnya kok anda menambahkan sedikit garam pada adonannya. Garam bisa menambah cita rasa selai anda menjadi lebih gurih. Selain itu garam juga berfungsi sebagai pengawet alami, sehingga selai anda bisa lebih tahan lama.

Sumber:https://resepkoki.id/5-tips-membuat-selai-buah-untuk-kue-kering/

Belum ada Komentar untuk "5 Cara Membuat Selai Buah Untuk Kue Kering"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel