6 Cara Memilih dan Menyimpan Cabai yang Baik


Cabai juga jadi salah satu bahan yang selalu tersedia di dapur.

Entah itu cabai rawit, cabai besar, hingga cabai keriting. Saat membelinya, saya akan benar-benar memilih cabai berkualitas baik. Setelah membeli, saya juga harus pintar-pintar menyimpannya agar tak mudah busuk, berjamur, atau bahkan kering. Untuk menghindari hal tersebut, simak tips di bawah ini.

1. Perhatikan bentuknya

Tak sulit membedakan cabai yang berkualitas baik. Anda hanya perlu memperhatikan bentuknya saja. Usahakan untuk memilih cabai yang berukuran besar dengan bentuk lurus dan tidak melengkung. Karena biasanya cabai dengan bentuk yang melengkung memiliki rasa yang kurang pedas.

2. Perhatikan warnanya

Selain bentuknya, anda juga bisa memperhatikan warna cabai. Pilih cabai dengan warna yang terang dan menyala. Hal tersebut menandakan jika cabai yang anda beli masih segar. Hindari membeli cabai dengan warna yang kusam, karena bisa jadi cabai masih muda sehingga kurang pedas.

3. Hindari membeli yang dicampur

Di pasar-pasar tradisional, ada beberapa penjual cabai yang mencampur cabai segar dengan cabai yang sudah mulai layu bahkan membusuk dalam satu wadah demi menekan harga jual. Sebaiknya anda menghindari cabai yang dicampur seperti itu. Pilih cabai yang benar-benar segar seluruhnya agar nantinya cabai yang anda beli lebih tahan lama.

4. Angin-anginkan cabai

Biasanya pedagang membungkus cabai dalam plastik bening. Nah, usahakan untuk segera mengeluarkan cabai dari plastik tersebut agar tidak lembap. Lalu angin-anginkan sampai cabai kering. Anda juga bisa menjemur cabai sebentar di bawah sinar matahari demi memastikan jika cabai sudah benar-benar kering.

5. Simpan di tempat kering

Selanjutnya, anda bisa langsung memindahkan cabai ke dalam wadah yang kering dan kedap udara. Setelah itu, simpan cabai tersebut di kulkas atau pada suhu ruangan.

6. Cuci saat akan digunakan


Mungkin salah satu kesalahan yang anda lakukan saat akan menyimpan cabai adalah mencuci sebelum menyimpannya. Padahal hal tersebut bisa membuat cabai cepat membusuk, lho, karena lembap. Usahakan untuk mencuci cabai hanya pada saat akan digunakan agar cabai tetap terjaga kesegarannya.

Sumber:https://resepkoki.id/6-cara-memilih-dan-menyimpan-cabai-yang-baik/

Belum ada Komentar untuk "6 Cara Memilih dan Menyimpan Cabai yang Baik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel