Masakan Terlalu Pedas?



Sebagian besar orang menganggap bahwa makan tanpa rasa pedas kurang membangkitkan selera makan. Beruntung makanan pedas memiliki manfaat juga bagi kesehatan tubuh Anda, antara lain dapat membantu melegakan pernafasan.

Seseorang yang flu dan hidungnya tersumbat pasti mengidamkan makanan berkuah yang pedas. Dan setelah mengkonsumsinya, terasa seolah mencair karena rasa panas pedas yang serasa membakar tubuh. Selain itu senyawa capsaicin pada cabe memiliki efek termogenik yang berperan membakar kalori berlebih sehingga suhu tubuh juga naik.

Namun jika Anda terlalu berlebihan mengonsumsi makanan pedas, tentu juga akan berpengaruh bagi kesehatan. Jadi, ketika Anda memasak makanan dan terasa terlalu pedas, berikut ini cara menetralisir rasa pedasnya:

1. Tambahkan sesuatu yang manis pada masakan seperti gula atau madu.

2. Alternatif lain selain menetralisir dengan rasa manis, rasa asam pun bisa mengurangi rasa pedas pada masakan. Anda bisa menambahkan perasan air lemon, cuka atau potongan nanas.

3. Makanan pedas tertentu pun bisa dinetralkan dengan produk susu seperti yogurt, susu, santan atau parutan keju.

4. Ada juga orang yang menambahkan sayuran ke dalam masakan mereka yang terlalu pedas.

5. Rasa pedas tentu bisa diencerkan dengan air. Dalam hal masakan, Anda bisa menambahkan kaldu untuk mengurangi rasa pedas.

Nah, tak ada salahnya makan makanan yang pedas. Tapi ingat, jangan terlalu berlebihan karena bisa membuat perut sakit, dan sariawan.

Memang jika kepedasan kita merasa kurang nyaman juga, tapi jika terlanjur kepedasan saat mengkonsumsinya, tak perlu panik, rasa pedas bisa diredam dengan mudah dengan cara:

1. Minum seteguk susu dan diamkan air susu di dalam mulut beberapa saat hingga rasa pedas berkurang, baru telan.

2. Jika ada es krim, gigit es krim, biarkan meleleh di dalam mulut, lalu telan. Alternatif lain dari es krim, Anda bisa melakukan cara yang sama dengan yogurt.


3. Bagaimana jika Anda sedang kepedasan di rumah sementara tak ada produk susu maupun es krim yang tersedia? Mudah! Makan sesuap nasi, kunyah perlahan hingga rasa panas di lidah hilang, baru telan.

Sumber:https://citarasaindonesia.co.id/artikel/masakan-terlalu-pedas-jangan-panik.html

Belum ada Komentar untuk "Masakan Terlalu Pedas?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel