Tips Menyiapkan Menu Sahur


Momen Ramadan bisa dijadikan ajang kreativitas banyak orang dalam menghidangkan santapan yang istimewa. Namun, biasanya para ibu hanya mempersiapkan makanan spesial saat buka saja, sedangkan saat sahur makanan yang disajikan hanya ala kadarnya. Padahal badan membutuhkan banyak nutrisi sehat agar bisa berpuasa sepanjang hari. Untuk itu mari simak tips menyiapkan menu sahur yang praktis berikut ini!

Memasak Sekalian Saat Buka

Menu sahur bisa dimasak sekalian ketika menyajikan makanan untuk buka puasa. Misal membuat empal daging, kering tempe, atau abon sapi. Tiriskan dalam wajah tersendiri dan simpan dalam lemari makanan. Saat waktu sahur tiba, Anda tinggal memanaskan makanan tadi sehingga tak perlu repot memasak dari awal.

Menu Sarat Gizi

Menyiapkan bahan instan seperti sosis dan mie untuk sahur boleh-boleh saja. Namun Anda tidak mungkin kan menyajikannya setiap hari, kan? Menurut ahli gizi, Regi Septian, sahur dengan bahan-bahan instan akan membuat perut melilit saat tengah hari. Untuk itu pastikan menu sahur kamu punya karbohidrat kompleks dan kandungan gizi lain seperti protein, serat, dan vitamin sehingga perut tetap kenyang sepanjang hari.

Memilih Menu yang Mudah

Seorang koki ternama, Chef Haryo Pramoe, pernah mengatakan kalau hanya ada dua jenis makanan di dunia, yaitu enak dan tidak enak. Nah, untuk santapan sahur pastinya Anda harus menyajikan makanan yang enak, bersifat ringan, dan rendah lemak, sehingga keluarga bisa menjalani puasa dengan lancar.


Untuk itu pilihlah menu yang gampang dimasak tapi mengandung tiga unsur tadi. Sebut saja tumis pok coy siram tahu jamur, omelet oatmeal, atau yang lainnya. Hanya dengan bahan-bahan yang gampang ditemui, sebuah sajian sedap yang kaya nutrisi sudah bisa dinikmati.

Sumber:https://citarasaindonesia.co.id/artikel/tips-menyiapkan-menu-sahur-yang-praktis.html

Belum ada Komentar untuk "Tips Menyiapkan Menu Sahur "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel