Cara Membuat Tempura Udang yang Renyah


, Siapa sih yang tidak suka dengan tempura udang khas Jepang?

Daging udang yang tebal, lembut dan gurih, dibalut dengan adonan tepung yang renyah, sangat nikmat dan cocok jika disantap dengan nasi putih yang hangat. Ternyata, membuat adonan tempura itu nggak mudah lho karena beda resep menentukan kerenyahan tempura.

selalu gagal membuat tempura udang yang renyah? Tidak perlu khawatir , sebenarnya cara membuat adonan tempura udang cukup sederhana dan praktis, tapi harus memperhatikan beberapa hal penting sebelum dan ketika memasaknya. Yuk coba beberapa Tips ini:

1. Pilih Udang yang Segar dan Bersih




Hal utama yang harus diperhatikan yaitu kesegaran udangnya, pilih udang yang benar-benar segar ya . Untuk jenisnya bisa disesuaikan tergantung selera. Jangan lupa untuk bersihkan udang dari kotoran di kepalanya dan pastikan cukup kering saat akan diolah. Nah, agar tempura udang tidak bengkok ataupun menciut saat digoreng, kulit di tubuh udang harus dibuang dan cukup sisakan kulit di bagian ekornya saja.

Kunci rahasia jika ingin membuat adonan tempura yang renyah sempurna adalah adonan tepung harus selalu dingin. Caranya, campurkan tepung dengan air es karena kerenyahan tempura muncul dari perbedaan suhu antara adonan tepung yang dingin dan minyak panas yang digunakan untuk menggoreng. Selain itu, juga bisa mencampurkan air soda yang dingin ke dalam adonan tempura karena bisa menambah udara dan meringankan campuran tepung, sehingga membuat tempura lebih renyah.

2. Goreng dengan Minyak Panas





Menggoreng dengan minyak panas dapat membuat adonan tepung tempura tetap menempel di dagingnya saat digoreng lho . Panasnya minyak untuk menggoreng tempura idealnya bersuhu 170 derajat celcius. Tidak perlu menunggu minyak hingga mendidih karena jika terlalu panas tepung akan mudah gosong sementara udang belum terlalu matang. Angkat tempura ketika berwarna kuning kecoklatan, dan jangan lupa untuk menggunakan minyak Filma saat menggoreng tempura, supaya tempura udang buatan matang sempurna. Karena minyak Filma sudah jelas teruji kualitasnya.

Sumber:https://sukamasak.com/artikel-tips/2019/02/cara-membuat-tempura-udang-yang-renyah

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Tempura Udang yang Renyah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel