3 Cara Untuk Pengganti Santan yang Baik

Untuk kamu yang senang memasak makanan bersantan namun khawatir dengan kandungan lemak jahat dari santan? Tidak perlu khawatir. Ada beberapa bahan pengganti santan dengan kandungan lemak yang rendah. Yang perlu diingat adalah tentu apabila kita menggunakan bahan-bahan tersebut dibawah, rasa yang akan dihasilkan tidak akan seenak resep asli yang menggunakan santan karena salah satu fungsi lemak yang terdapat dalam santan yaitu meningkatkan cita rasa masakan yaitu lebih gurih, lebih creamy, dan berbau khas santan.

Selain itu kenampakan yang dihasilkan pun juga akan berbeda yaitu tidak terlalu mengental dan tidak berwarna kekuningan. Tetapi kembali lagi ke prinsip dan pola pikir yang harus kita tanamkan yaitu lebih sehat berarti lebih lezat dan nikmat bukan? Yuk cuuss ke bahan-bahannya.

1. Susu.

susu
Ada berbagai jenis susu yang bisa kamu gunakan. Untuk mendapatkan kandungan lemak yang rendah, kamu bisa pilih susu low fat atau susu skim (non fat). Yang harus diperhatikan ketika memasak menggunakan susu ini adalah bahwa susu merupakan bahan makanan yang mudah rusak nutrisinya pada suhu tinggi. Sehingga sebaiknya susu kamu tambahkan di akhir pemasakan saja. Jenis masakan yang lezat dengan penggantian ini yaitu macaroni schotel, soto betawi, dan mie kuah susu.

2. Susu nabati/kedelai.

susu_kedelai
Susu kedelai merupakan salah satu contohnya. Bahan pengganti ini cocok buat kamu ga punya masalah intoleransi laktosa. Jenis masakan yang lezat dengan penggantian ini yaitu puding susu dan sayur lodeh.

3. Kacang-kacangan yang dihaluskan.
Bahan yang satu ini sudah tidak asing ada di dalam aneka resep masakan Indonesia yaitu kemiri. Kemiri dan jenis kacang-kacangan lainnya terbukti memberikan rasa gurih dan tekstur creamy yang berasal dari kandungan lemak tak jenuhnya yang baik. Sebelum dihaluskan, kemiri dan kacang-kacang-kacangan yang lain sebaiknya disangrai terlebih dahulu sehingga aroma yang dihasilkan akan lebih kuat. Jenis kacang lain yang bisa digunakan dan mudah didapatkan yaitu kacang mede dan kacang almond. Jenis masakan yang lezat dengan penggantian ini yaitu garang asem, opor ayam, dan sayur bobor bayam.

Selamat Mencoba

Sumber:https://resepkoki.id/3-pengganti-santan-yang-baik/

Belum ada Komentar untuk "3 Cara Untuk Pengganti Santan yang Baik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel