6 Tips Memanggang Kue Kering Agar Lebih Enak & Sukses


1. Gunakan bahan-bahan yang masih segar dan berkualitas baik

Jika anda ingin membuat suatu kue berbahan baking soda, baking powder, ragi, dan tepung, anda harus memastikan bahan-bahan tersebut masih berkualitas baik. Bahan tersebut memiliki waktu expired atau best before yang relatif sebentar, sehingga anda harus mengganti baru jika bahan-bahan tersebut sudah terabaikan berbulan-bulan di dapur.

2. Menyesuaikan temperatur bahan-bahan

Satu hal yang cukup penting agar pemanggangan kue anda berhasil adalah menyamakan temperatur bahan-bahan yang digunakan. Janganlah anda mencampurkan bahan yang bersuhu dingin dengan yang bersuhu panas, karena hal ini akan mempengaruhi tekstur kue.

3. Timbang bahan-bahan dengan tepat



Takaran yang lebih atau kurang tentu akan menghasilkan kue dengan tekstur yang berbeda pula. Oleh karena itu, pastikan anda menimbang dengan tepat bahan yang anda gunakan. Jika ingin hasil yang paling baik, gantilah gelas atau sendok takar anda dengan timbangan digital untuk kue, seperti GrosirStation Timbangan Digital Dapur SF-400 yang akurat dan mudah digunakan.

4. Beri jarak untuk meletakkan kue di atas loyang

Sebenarnya tidak semua kue kering akan mengembang ketika dipanggang. Namun ada juga beberapa jenis kue yang mengembang seperti kue kering yang disendoki. Oleh karenanya jangan menaruh kue terlalu rapat di atas loyang supaya tidak saling menempel ketika diangkat. Tips ini juga berlaku untuk kue nastar dan kastengel.

5. Jangan merubah suhu oven dan waktu memanggang

Jika sedang memanggang chocolate chip dengan suhu 100°C selama 1 jam dan tak sengaja menghentikan waktunya, anda jangan kemudian menyesuaikannya jadi suhu 150°C dengan waktu 45 menit, ya. Kue kering cenderung lebih cepat kering dan keras, apalagi bila diubah suhu dan waktunya. Bukannya renyah dan lembut, kue kering anda bisa jadi keras dan gosong.

6. Mengemas kue jika telah benar-benar dingin


Anda bisa mengemas atau memindahkan kue kering ke dalam toples jika kue sudah benar-benar dingin. Jika tidak, uap panas dari kue akan naik dan menyebabkan kue menjadi basah serta melempem.

Sumber:https://resepkoki.id/6-tips-memanggang-kue-kering-agar-lebih-enak-sukses/

Belum ada Komentar untuk "6 Tips Memanggang Kue Kering Agar Lebih Enak & Sukses"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel