8 Jenis Bunga yang Bisa Dimakan dan Dicampurkan dalam Masakan



Tapi anda tahu tidak, kalau ternyata ada bagian bunga dari beberapa tanaman yang bisa ikut dimakan juga lho.

Masalah rasa, jangan diragukan lagi, karena cukup lezat dan membuat ketagihan. Apa saja nama bunga tersebut? Yuk simak selengkapnya di bawah ini.

1. Bunga Bawang



Bunga bawang memiliki bentuk seperti bawang daun, dengan ujung bunganya yang putih kuncup. Rasa dari bunga bawang ini segar, teksturnya pun renyah. Sangat untuk dicampur ke dalam berbagai tumisan. Bunga bawang juga lezat dinikmati segar atau mentah bersama lumpia khas Semarang.

2. Bunga Pepaya



Tak hanya bagian buah dan daunnya saja yang dikonsumsi, ternyata bunga pepaya juga cukup sering diolah lho. Bunga pepaya yang dipakai tentunya yang masih kuncup, belum mekar, dan berwarna hijau muda kekuningan. Meskipun rasa dari bunga pepaya ini agak pahit, tapi bisa disamarkan dengan cara direbus bersama asam dan penambahan bumbu rempah yang kuat dalam masakan.

3. Bunga Genjer


Biasanya, bagian genjer yang diambil untuk dikonsumsi adalah daun dan batangnya. Tapi ternyata bunganya pun bisa dikonsumsi. Bentuk dari bunga genjer ini kecil dan masih berbentuk kuncup. Untuk mendapatkan rasa bunga genjer yang segar seperti kangkung, maka pilihlah bunga genjer yang masih muda. Bunga genjer ini biasa dijual dalam satu ikatan terpisah dari daun genjer.

4. Bunga atau Jantung Pisang



Kalau bunga yang satu ini sudah cukup terkenal untuk dimasak. Bunga pisang memiliki bentuk seperti organ jantung manusia dengan warna merah keunguan. Rasa dari bunga pisang ini sedikit pahit dengan tekstur yang empuk. Tapi jika diolah dengan benar, rasa pahitnya bisa tersamarkan.

5. Bunga Kecombrang



Bunga kecombrang memiliki warna merah jambu dengan bentuk kuncup sepanjang jari telunjuk atau lebih panjang. Rasa dari bunga kecombrang ini cenderung asam dengan aroma yang khas. Biasanya, bunga kecombrang diolah dengan cara dicampurkan ke dalam sambal, tumisan, atau dicampur dalam masakan berkuah.

6. Bunga Terubuk



Bunga terubuk adalah bunga dari tanaman tebu. Meskipun namanya bunga, tapi bentuknya batang yang beruas-ruas dan berwarna hijau pucat kemerahan. Tekstur dari bunga terubuk ini renyah dan manis saat dimakan. Biasanya, masyarakat mengonsumsi bunga terubuk dalam keadaan mentah sebagai lalapan, dimasak bersama sayur lodeh, sayur asem, dan kare.

7. Bunga Turi



Bentuk bunga turi yang belum mekar atau mirip seperti bulan sabit. Jika sudah mekar, lebih mirip seperti kupu-kupu. Warnanya ada yang putih cenderung hijau pucat dan juga merah. Tapi yang paling sering dikonsumsi adalah yang berwarna putih. Rasanya sedikit pahit, tapi sangat khas. Bunga turi sering dicampurkan ke dalam pecel. Tapi beberapa orang memakannya dalam keadaan mentah sebagai lalapan.

8. Bunga Sedap Malam


Tak hanya aromanya yang harum, ternyata bunga sedap malam juga bisa dimakan. Tapi, bunga sedap malam untuk masakan ini berbeda dengan bunga sedap malam yang digunakan untuk hiasan. Biasanya, sedap malam yang digunakan untuk masakan adalah yang bentuknya sudah kering, dan sebenarnya berasal dari bunga pisang. Dalam masakan, orang-orang lebih sering mencampurkan bunga sedap malam ke dalam sop, tekwan, atau timlo.


Seluruh masakan di atas akan lebih mudah dimasak dengan menggunakan cookware set dari Supra Rosemary. Satu set Supra Rosemary terdiri dari stock pot, frying pan, deep pan, dan sauce pan berlapis stainless steel anti karat. Lapisannya awet serta tidak mudah terkelupas. Paket lengkap bagi anda yang sedang belajar masak.


Asal diolah dengan tepat, bunga-bunga di atas bisa menghasilkan cita rasa yang lezat sekaligus unik. Selain itu, kandungan gizinya juga baik bagi kesehatan. Jadi tidak ada salahnya jika anda mencampurkannya dalam aneka masakan.

Sumber:https://resepkoki.id/8-jenis-bunga-yang-bisa-dimakan-dan-dicampurkan-dalam-masakan/

Belum ada Komentar untuk "8 Jenis Bunga yang Bisa Dimakan dan Dicampurkan dalam Masakan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel