3 Jenis Memasak Nasi atau Mie Goreng agar Kecap Bisa Tercampur Rata


1. Perhatikan pemilihan nasi atau mie

Poin pertama ini mungkin terlihat sepele. Tapi sebenarnya sangat penting lho. Jika anda akan membuat nasi atau mie goreng, sebaiknya anda mendinginkan nasi atau mienya terlebih dahulu. Suhu panas dari bahan tadi akan membuat nasi atau mie jadi cepat lembek saat dimasak. Alhasil anda pun tidak akan punya cukup waktu untuk meratakan kecap lantaran masakan anda keburu lembek. Jika ingin lebih mantap, anda bisa mendinginkan dulu nasi selama 1-2 jam di lemari es agar nasi atau mie benar-benar dingin.

2. Gunakan wajan ukuran besar

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan saat memasak nasi atau mie goreng adalah penggunaan wajan. Sebaiknya, anda menggunakan wajan berukuran besar agar nasi atau mie goreng lebih mudah diaduk. Pastikan juga porsi nasi atau mie tidak terlalu banyak. Porsi makanan yang terlalu banyak dengan wajan yang terlalu kecil hanya akan membuat anda kesulitan mengaduk, sehingga kecap pun sulit untuk diratakan.

Sebagai contoh, coba saja anda lihat pedagang nasi atau mie goreng di pinggir jalan. Mereka semua memakai wajan super besar meskipun porsi yang dimasak hanya sedikit. Sehingga nasi atau mie goreng yang mereka buat jadi lebih enak, tidak lembek, leluasa saat mengaduknya, dan kecap pun bisa merata dengan sempurna.

3. Pengaturan api kompor saat menuang kecap

Biasanya, karena terburu-buru, anda tanpa sadar menungkan kecap hanya ke satu bagian nasi atau mie goreng. Padahal, hal tersebut hanya akan membuat kecap dominan di sebagian masakan saja dan semakin sulit diratakan. Jadi, akan lebih baik jika anda menuangkan kecap secara merata pada masakan dengan gerakan melingkar sambil terus diaduk sampai dasar wajan agar tidak gosong.


Nah, saat sedang meratakan kecap tersebut, anda harus mainkan atau atur besar kecilnya nyala kompor. Kecilkan api sebentar sambil terus mengaduk nasi atau mie. Jika kecap sudah benar-benar rata, anda bisa memperbesar api kembali. Jangan lupa untuk tetap mengaduk nasi atau mie agar tidak gosong. Jika nasi atau mie goreng sudah matang, matikan kompor dan segera pindahkan masakan anda ke piring saji selagi masih hangat.

Sumber:https://resepkoki.id/3-tips-memasak-nasi-atau-mie-goreng-agar-kecap-bisa-tercampur-rata/

Belum ada Komentar untuk "3 Jenis Memasak Nasi atau Mie Goreng agar Kecap Bisa Tercampur Rata"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel