Cara Praktis Membuat Popcorn


Dengan cara berikut, dijamin homamade popcorn anda bisa seenak milik bioskop!

1. Buat popcorn dengan microwave

Popcorn bisa dibuat dengan waktu kurang dari 5 menit dengan microwave. Selain itu, anda hanya butuh paper bag coklat dan biji jagung kering dalam kemasan yang bisa dijumpai di supermarket. Caranya, masukkan ¼ cangkir biji jagung kering ke dalam paper bag coklat. Tak perlu minyak, garam, atau tambahan apapun karena anda bisa tambahkan nanti. Lipat bagian atas paper bag dan masukkan ke dalam microwave. Set waktu 2-4 menit dan tunggu hingga terdengar suara popping dari dalam. Ketika waktu habis, tahan dulu sampai satu menit dan popcorn renyah siap disantap!

2. Buat popcorn dengan panci

 
Cara ini adalah yang paling mudah untuk membuat popcorn. Panaskan 3 sdm minyak sayur dalam panci ukuran sedang. Bisa juga menggunakan sauce pan atau panci saus yang memiliki tutup kaca, seperti Dinemate Sauce Pan Set of 3, karena ukurannya pas, memiliki gagang untuk memudahkan pengadukan popcorn, dan anda bisa melihat langsung proses popping-nya popcorn.

Selain minyak, anda bisa ganti dengan margarin atau mentega, tapi lebih baik pakai minyak dulu dan tambahkan margarin atau mentega di akhir nanti. Minyak tak mudah panas (berasap) dibanding mentega/margarin sehingga popcorn tak akan cepat gosong.

Masukkan ½ cangkir biji jagung kering saat minyak sudah panas dan tutup dengan tutup panci. Panaskan dengan api sedang sambil sesekali goyang panci agar biji jagung tidak gosong. Supaya tekstur popcorn renyah dan ringan, buka sedikit tutup panci agar uap tidak terjebak di dalam panci. Ketika hampir seluruh biji jagung berubah jadi popcorn, matikan api dan goyang panci sebentar sambil menahan tutup panci. Sajikan popcorn selagi hangat!

3. Bagaimana jika ada biji jagung yang tidak popping?


Saat bikin popcorn, saya sering mendapati beberapa biji jagung yang tidak nge-pop, terutama di bagian dasar panci atau paper bag. Sebetulnya anda tak perlu membuang biji jagung ini, tapi simpanlah untuk membuat popcorn selanjutnya. Kumpulkan dalam wadah kedap udara lalu simpan di tempat kering. Cara masaknya sama seperti buat popcorn pada umumnya.

Sumber:https://resepkoki.id/cara-praktis-membuat-popcorn/

Belum ada Komentar untuk "Cara Praktis Membuat Popcorn"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel