Mari Kenali Memilih, Mengolah, dan Menyimpan Belimbing


Sebelum mengolah belimbing, yuk kenali dulu cara memilih 
sekaligus menyimpannya berikut ini.

1. Pilih buah belimbing yang matang di pohon

Untuk mendapatkan kesegaran dan rasa yang maksimal dari belimbing, sebaiknya anda membeli buah yang matang di pohonnya. Untuk memastikan, anda bisa menanyakan langsung kepada penjualnya kapan belimbing tersebut matang.

2. Perhatikan bentuk belimbing

Belimbing yang baik memiliki permukaan kulit yang mulus. Hindari membeli belimbing yang sudah memar walau hanya sedikit, karena biasanya memar akan cepat menyebar dan membuat belimbing jadi cepat busuk. Pastikan juga belimbing yang anda beli tidak terdapat lubang, karena bisa jadi ada ulat di dalamnya.

3. Perhatikan warna belimbing

Untuk belimbing buah, pastikan anda memilih buah berwarna kuning atau orange cerah dengan daging buah pada rusuknya yang tampak penuh. Sedangkan untuk belimbing wuluh, pilih yang warnanya hijau cerah mengkilat dan kencang dengan bentuk lonjong yang mulus.

4. Pengolahan belimbing

Meskipun masih satu jenis tanaman, belimbing buah dan belimbing wuluh dipakai untuk pengolahan yang berbeda. Jika belimbing buah paling cocok dimakan langsung atau dijadikan jus karena rasanya yang manis, maka belimbing wuluh lebih cocok dijadikan bumbu atau bahan dalam masakan. Maka dari itu, belimbing wuluh juga biasa disebut dengan belimbing sayur. Belimbing ini juga cocok dijadikan manisan karena rasanya yang masam.

5. Simpan belimbing dalam plastik

Tak seperti kebanyakan buah lainnya yang harus disimpan dalam wadah kedap udara, belimbing sebaiknya disimpan dalam plastik rapat dan dimasukkan ke dalam kulkas. Dengan cara tersebut, belimbing yang anda miliki bisa segar sampai dengan satu minggu lamanya.


Nah, sekarang anda sudah tidak bingung lagi kan bagaimana cara memilih, mengolah, dan menyimpan belimbing? Pastikan untuk menyesuaikan jenis belimbing dengan sajian yang akan anda buat untuk mendapatkan hasil dan rasa yang maksimal.

Sumber:https://resepkoki.id/tips-memilih-mengolah-dan-menyimpan-belimbing-yang-benar/

Belum ada Komentar untuk "Mari Kenali Memilih, Mengolah, dan Menyimpan Belimbing"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel