Tips Cara Memilih dan Menyimpan Buah Manggis yang Tepat


Buah manggis ini termasuk buah musiman yang panen di sepanjang bulan November hingga Maret. Jika sudah tiba masa panen, saya biasanya akan membelinya banyak dan menyimpannya di kulkas. Coba, yuk, tips di bawah ini untuk memilih dan menyimpan buah manggis yang tepat.

1. Perhatikan bentuk buah manggis

Saat anda akan membeli buah manggis, pilihlah buah yang cangkang atau kulit luarnya berwarna ungu tua mulus. Hindari membeli buah manggis yang pada kulitnya terdapat bercak kekuningan, karena biasanya rasa dagingnya akan cenderung pahit bahkan tidak bisa dimakan.

2. Perhatikan tekstur kulit buah manggis

Buah manggis terlindungi oleh kulit yang cukup keras. Nah, anda bisa memeriksa kualitas manggis dari cangkangnya tersebut. Caranya sangat gampang, anda hanya perlu sedikit menekan kulit manggis. Jika masih keras tapi tetap lembut, artinya buah manggis tersebut bagus. Tapi jika kulit manggis lembek atau bahkan terlalu keras, maka sebaiknya jangan dibeli karena rasanya akan kurang enak.

3. Kupas buah manggis dengan benar

Berbeda dengan buah kupas lainnya, mengupas kulit manggis tak bisa sembarangan. Jika kurang tepat, daging buah akan terkena getah kulit manggis yang berwarna ungu dan sedikit pahit, atau bahkan daging buahnya bisa hancur. Cara terbaik untuk mengupas buah manggis adalah dengan memotong bagian kulitnya dengan pisau tajam, tapi jangan sampai terlalu dalam untuk memastikan daging buahnya tidak ikut terpotong.

Setelah itu, buka bagian kulit manggis yang sudah dipotong tersebut sampai daging buahnya terlihat dan dapat diambil. Buah manggis yang segar pun siap dinikmati.

4. Simpan buah manggis di tempat kering

Anda bisa menaruh buah manggis di dalam wadah kering yang terbuka, lalu masukkan ke dalam kulkas. Dengan cara ini, buah manggis bisa awet sampai satu bulan lamanya.

Sumber:https://resepkoki.id/tips-memilih-dan-menyimpan-buah-manggis-yang-tepat/

Belum ada Komentar untuk "Tips Cara Memilih dan Menyimpan Buah Manggis yang Tepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel