Tips Memilih dan Mengolah Oyong


tips di bawah ini agar tidak salah saat membeli dan mengolah oyong.

1. Pilih buah oyong yang masih muda

Untuk mendapatkan rasa dan tekstur terbaik dari oyong, dapatkan kamu memilih oyong yang masih muda. Karena bijinya masih lunak. Rasanya pun sudah manis alami. Ciri oyong yang masih muda adalah warna kulitnya yang hijau cerah. Hindari memilih oyong yang berwarna hijau tua, karena bisa jadi oyong ini sudah tua dan memiliki biji yang keras, sehingga kurang enak saat dimakan.

2. Pastikan permukaan kulit oyong bersih

Selanjutnya, Anda bisa memperhatikan kulit oyong. Oyong yang bagus memiliki permukaan kulit yang halus dan bersih. Jika Anda melihat oyong yang memiliki bercak, minta jangan dibeli. Karena biasanya rasa oyong ini akan cenderung pahit.

3. Cuci dan kupas oyong

Karena memiliki bagian kulit keras dan tidak enak untuk dimakan, maka Anda harus mengupas oyong terlebih dahulu. Agar lebih mudah, Anda dapat membagi oyong menjadi beberapa bagian, lalu cukup kupas kulit kerasnya hingga bersih. Pastikan untuk Cuci oyong sebelum dikupas, ya. Karena jika Anda mencuci oyong setelah dikupas, getah yang bermanfaat dalam oyong akan terbuang begitu saja bersama udara.

4. Masukkan oyong pada bagian akhir memasak

Meskipun kulitnya keras, tetapi buah / daging oyong memiliki tekstur yang lembut. Jadi, siapkan kamu memasukkan oyong pada tungku masak yang terakhir sesaat sebelum tungku dimatikan. Hal tersebut perlu diperhatikan agar kandungan serat dan vitamin dalam oyong tidak berkurang terlalu banyak.


Meskipun bentuk oyong terlihat 'beda' dan unik, tapi rasanya enak, kok. Kandungan gizinya juga baik. oyong terkenal bisa mengurangi demam, bahkan bagus juga bagi kamu yang sedang diet karena kandungan seratnya tinggi. Jadi mulai sekarang, jangan ragu mengonsumsi oyong ya!

Sumber:https://resepkoki.id/tips-memilih-dan-mengolah-oyong/

Belum ada Komentar untuk "Tips Memilih dan Mengolah Oyong"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel