Tips Membuat Ketupat


Lebaran tidak akan lengkap tanpa hadirnya ketupat. Ketupat memang bisa dibeli di pasar atau memesan kepada orang-orang yang telah terbiasa menerima pesanan ketupat. Namun lebih afdol jika Anda membuatnya sendiri di rumah bersama seluruh anggota keluarga untuk menyambut hari raya.

Tapi masih bingung cara membuatnya? Berikut ini tips membuat ketupat dengan cara yang mudah:

1. Pastikan bahwa daun kelapa pembungkus ketupat adalah janur yang berwarna hijau kekuningan yang masih segar. Cuci daun terlebih dahulu dan keringkan. Jika belum memahami teknik menganyamnya, Anda bisa membeli contohnya di pasar dan mencoba membuatnya sendiri di rumah. Jika terlalu ribet dengan menganyamnya, Anda bisa memesan atau membeli langsung pembungkus ketupat yang sudah jadi.

2. Ingin ketupat Anda terasa istimewa, tentu Anda harus memakai beras yang berkualitas. Cuci beras hingga bersih dan rendam dalam air dingin selama 3 jam. Tuang sedikit air kapur sirih dalam rendaman beras agar ketupat lebih tahan lama. Ketupat yang sudah dimasak biasanya akan bertahan kurang lebih 3-4 hari bahkan tanpa memasukkannya ke dalam kulkas. Tambahkan sedikit garam agar ketupat terasa lebih gurih.

3. Agar nasi tak merusak bentuk bungkus ketupat atau terlalu melar, isikan beras kira-kira 2/3 ukuran ketupat. Didihkan air untuk merebusnya. Rebus ketupat sekitar 4-5 jam dan pastikan ketupat selalu terendam penuh. Bila air rebusan berkurang, maka tambahkan air panas.

4. Setelah matang, ketupat bisa digantung dan disajikan bersama dengan lauk dan sayuran khas lebaran. Jika tersisa, sebaiknya segera simpan ketupat ke dalam kulkas. Untuk menyajikannya kembali, Anda bisa merebus ketupat sekitar 30 menit. Anda juga bisa menggunakan teknik pemanasan ketupat dengan cara mengukusnya dengan waktu yang sama.


Jika sudah mencoba tips di atas, Anda akan mendapatkan ketupat yang enak dan gurih dengan penampilan yang lebih bersih dan menarik. Tentu saja dengan cara ini, Anda akan lebih percaya diri saat menyajikannya baik bagi keluarga sendiri, saudara maupun para tamu.

Sumber:https://citarasaindonesia.co.id/artikel/tips-membuat-ketupat.html

Belum ada Komentar untuk "Tips Membuat Ketupat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel