3 Tips Menjaga Kebersihan Dapur di Rumah


Berikut ini akan membagikan tips untuk menjaga kebersihan dapur kamu. Yuk langsung cuss!

1. Membersihkan peralatan masak

Nah, siapa yang sehabis masak tidak suka mencuci piring? Saya termasuk salah satunya nih. Tetapi setelah mengetahui bahwa kebiasaan ini dapat menyebabkan kontaminasi terhadap makanan yang sedang dimasak, sekarang saya sedikit lebih rajin untuk langsung mencuci piring seusai memasak.

Seluruh peralatan masak akan lebih awet jika kamu langsung membersihkannya sesuai digunakan. Wajan, teflon, panci dan pisau sebaiknya segera dicuci dengan sabun dan air mengalir, keringkan dan simpan mereka di tempat yang sudah disediakan. Untuk menjaga kebersihan talenan dan peralatan makan dari plastik, cuci talenan kamu dengan jeruk nipis dan air panas untuk menghilangkan bau dan lemak yang menempel disana. Pastikan juga untuk mengeringkan alat-alat itu sebelum disimpan ya.

2. Menjaga kesegaran bahan makanan

Di dalam dapur pasti ada bahan makanan yang berpotensi menjadi sumber penyakit nih. Apa ya kira-kira bahan makanan tersebut? Ternyata, mereka adalah bahan makanan sisa dan bumbu-bumbu kadaluarsa. Nah, coba kita mulai cek tanggal kadaluarsa dari bumbu-bumbu yang ada di dapur kita. Jangan-jangan ada bumbu yang sudah berbau apek dan tidak layak dipakai lagi.

Selain membuang bumbu-bumbu yang sudah kadarluasa, jangan lupa juga untuk membuang sampah dapur atau makanan sisa setiap hari ya, sekalipun mereka belum berbau. Hal mudah ini bisa membantu kamu menjaga kebersihan dapur. Selain itu, dapurmu juga bisa terhindar dari aroma-aroma yang kurang sedap.

3. Menjaga kebersihan wilayah dapur

Peralatan masak kamu sudah bersih. Tidak ada sampah lagi di daerah dapurmu. Hmm, tetapi dapur masih berbau kurang sedap juga? Artinya ada yang masih perlu dilakukan untuk menjaga kebersihan di wilayah dapur nih.

Sebaiknya setelah proses memasak, kamu mengepel lantai dan lap meja dapurmu. Bersihkan noda-noda yang berjatuhan atau tumpah ke lantai. Jangan malas membersihkannya karena mereka bisa berkerak dan akhirnya memberikan bau serta penampilan yang tidak sedap dipandang.

Hal lain yang perlu dilakukan adalah membersihkan kompor seusai memasak agar tidak ada arang yang mengerak. Setidaknya sebulan sekali.


Lakukan juga pembersihan untuk rak-rak penyimpanan kamu. Selain melihat adakah hewan yang tinggal disana (misalnya laba-laba atau cicak), kamu juga bisa sekalian memisahkan peralatan masak yang sudah rusak dan perlu diganti. Siapa tahu ternyata kamu juga butuh wadah saji yang baru.

Sumber:https://resepkoki.id/3-tips-menjaga-kebersihan-dapur-di-rumah/

Belum ada Komentar untuk "3 Tips Menjaga Kebersihan Dapur di Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel