5 Cara Memilih Apel Malang Untuk Diolah Jadi Selai


Jika selai sudah matang, saya biasa mengolahnya menjadi isian kue kering seperti nastar atau dioles begitu saja pada roti untuk sarapan. Penasaran? Yuk intip tips di bawah ini!

1. Perhatikan warna dan tekstur apel

Seperti yang kita ketahui, di pasaran ada banyak jenis apel malang yang ditawarkan. Ada apel yang berwarna hijau seluruhnya, apel yang berwarna hijau kekuningan, dan apel yang berwarna hijau kemerahan. Untuk diolah menjadi selai, sebaiknya anda memilih apel yang berwarna hijau keseluruhan atau apel yang berwarna hijau kemerahan.

Karena dua jenis apel tersebut memiliki tekstur yang renyah dan padat. Sedangkan apel berwarna hijau kekuningan memiliki tekstur gembos yang tidak renyah, sehingga tidak cocok diolah menjadi selai. Perhatikan juga tekstur apel yang akan anda beli. Hindari memilih apel yang teksturnya kasar, keriput, dan bonyok karena biasanya apel tersebut sudah tidak segar.

2. Pilih apel yang berukuran besar

Selanjutnya, usahakan untuk memilih apel yang memiliki ukuran besar. Selain lebih mudah untuk dipotong dan diolah, apel berukuran besar juga memiliki daging yang lebih banyak dibanding apel yang berukuran lebih kecil. Jadi anda tidak perlu membuang-buang waktu untuk mengupas terlalu banyak buah apel berukuran kecil.

3. Simpan apel di dalam kulkas

Jika anda membeli apel untuk diolah nanti atau ada apel yang masih tersisa, sebaiknya anda memindahkan apel tersebut ke dalam wadah terbuka dan segera simpan ke dalam kulkas. Hal tersebut bertujuan agar apel tetap segar dan tahan hingga beberapa hari ke depan.

4. Rendam apel dalam air yang diberi perasan lemon

Setelah dikupas, apel akan berubah warna menjadi kecokelatan dan kurang menarik. Nah, demi menghindari hal tersebut, sebaiknya anda merendam apel yang telah dikupas dan dibuang bijinya ke dalam air bersih yang sudah ditambah dengan perasan jeruk lemon agar warna apel tetap cantik sebelum diolah. Pastikan anda mencuci apel tersebut sebelum dikupas, ya.

5. Olah apel menjadi selai


Setelah apel selesai dicuci dan dikupas, parut apel. Setelah itu, siapkan panci dan masak bersama sedikit air, gula pasir, garam, kayu manis, dan jeruk nipis agar rasanya lebih lezat. Setelah selai mengental, matikan kompor. Tunggu sampai dingin dan selai apel pun siap digunakan.

Sumber:https://resepkoki.id/5-tips-memilih-apel-malang-untuk-diolah-jadi-selai/

Belum ada Komentar untuk "5 Cara Memilih Apel Malang Untuk Diolah Jadi Selai"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel