Cara Mempersiapkan Buah Kering Untuk Fruitcake


Bagaimana cara mengolahnya? Cek jawabannya di bawah ini, yuk!

Pilih buah kering yang akan dipakai

Ada beragam jenis buah kering dengan rasa manis atau asam, juga warna gelap atau terang. Untuk buah manis, anda bisa pilih kismis, sultana, currant, ceri, dan peach. Sedangkan buah asam bisa gunakan prune dan nanas. Selain rasa, warna gelap atau terang buah kering yang dipakai juga berpengaruh pada warna fruitcake. Jika anda pilih buah warna gelap seperti prune, currant, dan kismis, maka warna fruitcake akan cenderung gelap dan begitu pula sebaliknya.

Intinya, kreasikan rasa fruitcake dengan buah kering favorit anda. Potong buah kering yang berukuran besar, sedangkan yang berukuran kecil seperti kismis dan sultana. Potong semua buah kering dalam ukuran yang sama. Anda juga bisa pakai kacang dengan mencincangnya agar berukuran sama.

Rendam buah kering

Buah kering sebaiknya direndam agar teksturnya lembut dan mengembang. Kalau langsung dicampurkan dalam adonan fruitcake, buah kering ini pasti mengendap dan keras ketika dimakan. Nah, buah kering bisa direndam dengan dua jenis larutan perendam yakni alkohol dan non-alkohol.

Kalau pilih alkohol, pakailah alkohol jenis rum, brandy, atau anggur merah. Ketiga jenis alkohol ini memiliki rasa yang sama dengan buah kering berjenis anggur seperti kismis, currant, dan sultana sehingga rasanya jadi semakin khas. Rendaman buah dalam alkohol ini tak perlu masuk lemari es karena sifatnya sudah awet.

Kalau pilih non-alkohol, anda bisa pakai jus jeruk atau apel, teh hitam, atau air rebusan saja. Jus dan teh dapat menambahkan rasa khas seperti halnya alkohol, sedangkan air mendidih dapat membuat buah kering lebih lembut dan juicy.


Caranya, susun buah kering di dalam wadah atau mason jar. Tuangkan larutan perendam pilihan anda ke dalam toples. Diamkan minimal 2 hari dan khusus untuk larutan non-alkohol, masukkan ke lemari pendingin. Untuk rendaman dengan air mendidih, tuang air mendidih ke mangkuk berisi satu macam buah kering dan tunggu selama 10-15 menit. Setelah itu tiriskan dan buang airnya.

sumber:https://resepkoki.id/cara-mempersiapkan-buah-kering-untuk-fruitcake/

Belum ada Komentar untuk "Cara Mempersiapkan Buah Kering Untuk Fruitcake"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel